Balitbang Bengkalis Umumkan Pemenang Lomba Penelitian dan Pengembangan

Teks foto: Penyerahan Hadiah oleh H Tengku Zainuddin didampingi Tengku Ihsan dan H Dahen Tawakal

BENGKALIS – Setelah melaksanakan beberapa tahap perlombaan, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis mengumumkan hasil lomba penelitian dan pengembangan tingkat SMA/sederajat se-Kabupaten Bengkalis, Kamis, 21 November 2019, di halaman Balitbang, jalan Pertanian Bengkalis.

Kegiatan dengan tema “Melalui Penyelengaraan Penelitian dan Pengembangan Tingkat SMA/sederajat se-Kabupaten Bengkalis Tahun 2019 Kita Wujudkan Inovasi Kreatif dalam Menggali Potensi Daerah“ tersebut, dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Asisten Administrasi Umum H Tengku Zainuddin, didampingi Sekretaris Balitbang Provinsi Riau Tengku Ikhsan, dan Sekretaris Balitbang Kabupaten Bengkalis H Dahen Tawakal.

Tengku Zainuddin mengajak seluruh pelajar dan masyarakat untuk meningkatkan kompetensi, kualitas dan terus melakukan inovasi disegala bidang.

“kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan bersama. Selain itu juga, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya para tokoh pendidikan untuk serius dalam menerapkan ilmu pengetahuan dalam aspek kehidupan bangsa,” ungkap Tengku Zainuddin.

Berdasarkan hasil penilaian oleh masing-masing dewan juri sesuai dengan kriteria penilaian, pemenang  lomba penelitian dan pengembangan tingkat SMA/sederajat se-Kabupaten Bengkalis tahun 2019, yakni Juara I SMA Negeri 5 Mandau.

Judul penelitian SMA Negeri 5 Mandau adalah Pembuatan Sabun Menggunakan Ekstrak Kulit Pisang dan Aroma Terapi Bunga Melati. Juara II  SMK Negeri 1 Mandau judul Penelitian Pembuatan Sabun Kecantikan dari minyak kelapa dengan ekstrak lidah buaya.

Sedangkan, juara III  SMK Negeri 1 Rupat judul penelitian Pemanfaatan Pupuk Organik Cair-Embio (POC-EMBIO) untuk Penanaman Tanaman Bawang Merah (Alliumcepa.L) pada Lahan Gambut di Kecamatan Rupat.

Hadiah langsung diserahkan H Tengku Zainuddin didampingi Tengku Ihsan, dan H Dahen Tawakal.

Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis Anharizal, Sekretaris Satpol PP Agusrizal, dan Danramil 01/Bengkalis Mayor Arm. Bismi Tambunan.##DISKOMINFOTIK