Kini Satu-Satunya di Provinsi Riau:

Ketua FKDT Mandau dan Bathin Solapan Puji Perhatian Bupati Amril Mukminin untuk MDTA

Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin

DURI – Perhatian Bupati Bengkalis Amril Mukminin yang begitu besar lembaga pendidikan agama seperti Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dan lain sebagainya sangat cukup besar.

Ketua Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kecamatan Mandau dan Bathin Solapan H Bona Faisal memberikan apresiasi atas perhatian khusus Bupati Amril Mukminin tersebut.

“Saat ini hanya Bupati Bengkalis satu-satunya Kepala Daerah di Provinsi Riau yang masih eksis. Tetap berkomitmen tinggi memberikan bantuan khusus buat MDTA,” puji Bona.

Bona mengatakan itu saat memberikan sambutan pada penutupan Festival An-Naba' Ceria di Duri, Kecamatan Mandau, Ahad, 17 November 2019.

Dikatakannya, pendidikan MDTA kita ini tak boleh dianggap sebelah mata. Ini sangat penting.

“Kita wajib bersyukur dan berterima kasih. Pertama tentunya kepada Bupati Bengkalis yang merupakan satu-satunya Kepala Daerah di Riau yang mampu memperjuangkan bantuan untuk MDTA," kata Bona.

Masih menurut Bona, realita wajib disyukuri bersama. Terutama oleh seluruh MDTA di Kabupaten Bengkalis.

"Mari kita doakan pula agar Bupati Bengkalis, Bupati kita mampu terus memperjuangkan dan mempertahankan (kebijakan) ini," ajaknya. 

Ditambahkannya, berkat keberanian Bupati Amril Mukminin mengambil kebijakan tersebut, memberikan dana operasional buat MDTA lewat program di Dinas Pendidikan, hingga kini MDTA di Kabupaten Bengkalis masih tetap eksis.

Sementara di Kabupaten dan Kota lain, sambungnya, kondisi MDTA-nya tak semujur di Kabupaten Bengkalis.

Kata Bona, di Kabupaten Rokan Hulu, tak ada lagi (perhatian seperti di Kabupaten Bengkalis), sudah hanyut. Kota Dumai sudah lama (tidak). Kabupaten Kepulauan Meranti sudah hilang. Pekanbaru tinggal separoh.

“Kabupaten-kabupaten lain begitu juga. Alhamdulillah, di Kabupaten Bengkalis masih. Harus sangat kita syukuri kepedulian ini. Mari kita doakan Bupati kita senantiasa sehat. Semoga Allah menjaga beliau sehingga perhatian seperti ini tetap ada," katanya lagi.

Meskipun tak menyebut sumbernya, Bona juga menyebutkan, dana bantuan untuk guru MDTA akan dinaikkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis tahun angaran 2020.

"Berapa angkanya, tunggu saja. Sabar. Tapi pastinya naik. Alhamdulillahi rabbil alamin," ucapnya. 

Bona mengaku selalu berkoordinasi dengan Camat Mandau Riki Rihardi, serta pihak di Pemkab Bengkalis, terkait upaya meningkatkan dana kesejahteraan untuk para guru MDA ini.

Terpisah Camat Riki membenarkannya. Namun menurutnya, dia hanya membantu menyalurkan aspirasi guru MDTA dan pengurus FKDT kepada Dinas Pendidikan, DPRD dan Bupati.

Bantuan khusus buat MDTA itu, tambah Riki, merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab Bengkalis terhadap dunia pendidikan madrasah di Kabupaten berjuluk negeri Junjungan ini.

Sementara itu dalam tausiyahnya, Ketua FKDT Kabupaten Bengkalis ustaz Afdhal Dinil Haq juga menyinggung bakal adanya kenaikan dana bantuan Pemkab untuk guru MDTA itu pada tahun anggaran 2020.

"Kita tunggu saja berapa angkanya. Berapapun jumlahnya, insyaallah berkah," ucap ustaz Afdhal. #DISKOMINFOTIK