Ingatkan Operator Desa:

Camat Nasrizal, “Jadi Jangan Salah, Data yang Diinput Harus Akurat”

Teks foto: Camat Nasrizal memberikan pengarahan pada kegiatan pembinaan profil desa/kelurahan di Talang Muandau, Senin, 28 Oktober 2019.

BERINGIN -- Salah satu manfaat penting penyusunan profil desa yaitu, pemerintah desa dan masyarakat memahami seluruh aspek data yang berkenaan dengan musyawarah desa tentang perencanaan pembangunan desa.

Banyak desa “gagal” menyusun perencanaan pembangunan desa yang baik dan berkualitas, disebabkan minimnya data sebagai dasar penyusunan perencanaan dan penganggaran pembangunan desa.

Untuk itu, Camat Talang Muandau menegaskan agar operator desa benar-benar menginput data untuk profil desa masing-masing secara akurat.

Harapan itu disampaikan Nasrizal kegiatan membuka kegiatan pembinaan profil desa/kelurahan untuk desa-desa di Talang Muandau, Senin kemarin, 28 Oktober 2019.

Kegiatan yang diikuti operator dari 9 desa di Talang Muandau tersebut dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis.

Adapun nara sumber kegiatan yang diselenggarakan di aula bagian belakang Kantor Camat Talang Muandau di Desa Beringin tersebut dari DPMD Provinsi Riau.

Kata Nasrizal, profil desa/kelurahan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan desa/kelurahan.

“Profil desa/kelurahan merupakan sumber data dan informasi tentang desa/kelurahan yang sangat akurat dimana disusun oleh pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat dan fokus pembangunan itu sendiri”, jelasnya.

Masih kata Camat Nasrizal, perencanaan pembangunan tidak akan berarti tanpa adanya data dan informasi yang berasal dari profil desa/keluarahan.

“Jadi jangan salah input. Data yang diinput harus benar-benar akurat,” pesan Camat Nasrizal.

Di Talang Muandau ada 9 desa. Yaitu Desa Beringin sebagai ibukota kecamatan.

Sedangkan 8 desa lainnya adalah Melibur, Kuala Penaso, Tasik Serai Timur, Tasik Serai, Serai Wangi, Tasik Serai Barat, Tasik Tebing Serai, Koto Pait Beringin. #DISKOMINFOTIK