Saat Bahas KUA dan PPAS Bersama DPRD:

Sekda H Bustami HY, “Kita Sudah Sepakat, Semua Kepala PD Harus Hadir, Tak Boleh Diwakilkan”

Teks foto: Sekda H Bustami HY didampingi Plt Kepala Bappeda Yuhelmi secara simbolis menyerahkan Pra RKA 2020 kepada Kadis Pendidikan Edi Sakura, Senin, 28 Oktober 2019.

Sekda H Bustami HY didampingi Plt Kepala Bappeda Yuhelmi menyerahkan Pra RKA 2020 kepada Plt Kadis Pertanian Supardi.

BENGKALIS – Seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD), harus hadir ketika membahas rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 bersama mitra kerja mereka di DPRD Kabupaten Bengkalis.

Diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) H Bustami HY, instruksi itu disampaikan Bupati Amril Mukminin, ketika menyerahkan Pra Rencana Kerja Anggaran (RKA) masing-masing PD, Senin petang, 28 Oktober 2019.

Penyerahan Pra RKA tersebut dilaksanakan di ruang rapat Zahari, lantai II Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), jalan Antara Bengkalis.

“Tidak boleh diwakilkan. Kepala PD harus hadir saat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020”, tegas Sekda H Bustami, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeda Yuhelmi.

Sekda H Bustami mengingatkan, setiap Kepala PD supaya mengatur jadwal kegiatan kedinasan dengan baik sehingga tidak berbenturan dengan waktu pembahasan bersama DPRD tersebut.

“Kalau memang ada kegiatan dan bisa diwakilkan, wakilkan. Misalnya menghadiri rapat di luar daerah. Tapi jika memang benar-benar tak bisa diwakilkan, segera komunikasikan dengan DPRD dalam kesempatan pertama,” tegasnya lagi.

Ditambahkannya, sesuai kesepakatan dengan DPRD Kabupaten Bengkalis, jika Kepala PD tidak hadir, maka anggaran di PD tersebut tidak akan dibahas.

“Kita sudah sepakat dengan DPRD tentang hal itu,” terangnya.

Sekda H Bustami mengatakan, KUA dan PPAS tahun 2020 sudah diserahkan ke DPRD Bengkalis.

Namun dia belum mengetahui secara pasti kapan masing-masing PD akan membahasnya dengan Komisi-Komisi di DPRD Kabupaten Bengkalis yang menjadi mitra kerjanya.

“Kita masih menunggu jadwal resmi dari DPRD Bengkalis. Informasi yang kita peroleh belum dalam minggu ini. Mungkin baru dimulai minggu depan,” jelas Sekda H Bustami.

Bahas Bersama Unit Kerja

Kepada masing-masing Kepala PD, Sekda H Bustami minta untuk memperbanyak Pra RKA yang diserahkan tersebut.

“Perbanyak dan bahas bersama unit kerja di masing-masing PD, sehingga ketika pembahasan semua dapat saling melengkapi bila diminta penjelasan,” harapnya.

Secara simbolis, penyerahkan Pra RKA 2020 untuk PD tersebut, diserahkan Sekda H Bustami ke Kepala Dinas Pendidikan Edi Sakura dan Plt Kadis Pertanian Supardi. #DISKOMINFOTIK