40 KUBe Bakal Terima Bantuan Dana dari Pusat

Teks foto: 40 KUBe Bakal Terima Bantuan Dana dari Pusat, Senin 28 Oktober 2019.

BENGKALIS – Sebanyak 40 Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Kabupaten Bengkalis bakal menerima bantuan stimulan yang berasal dari anggaran pemerintah pusat. Rekomendasi pencairan dana bantuan tersebut diserahkan Dinas Sosial Bengkalis, Senin 28 Oktober 2019.

Diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Kadisos) Bengkalis Martini, KUBe yang bakal menerima bantuan dana stimulan ini berasal dari Kecamatan Bengkalis dan Pinggir, masing-masing sebanyak 20 kelompok. Setiap kelompok bakal menerima bantuan dana sebesar Rp20 juta.

“Tahun ini, kita mendapat alokasi anggaran dari Kementerian Sosial sebanyak Rp800 juta yang diberikan kepada 40 KUBe. Dana diserahkan melalui rekening masing-masing KUBe,” ungkap Martini.

Untuk KUBe di Kecamatan Pinggir, rekomendasi pencairan dana akan diserahkan langsung oleh Bupati Bengkalis pada Rabu 30 Oktober 2019 mendatang di Kantor Camat Pinggir.

Bantuan ditujukan pada peningkatan ekonomi produktif. Jenis usaha KUBe yang menerima bantuan tersebut beragam, ternak kambing, home industri makanan ringan, usaha sewa menyewa, tenda dan lain-lain budya daya ikan dan  pertanian palawija.

Saat penyerahan rekomendasi, Kadisos Martini, berpesan agar bantuan yang diberikan untuk dimanfaatkan secara maksimal meningkatkan kesejahtara. KUBe diwanti-wanti, agar dana yang diterima tidak dibagi-bagi, ini karena bantuan kelompok itu sifatnya bukan bantuan individu.

“Kami tekankan dana yang diterima nantinya tidak dibagi-bagikan kelompok. Disampian itu, ketika dana dibelanjakan harus membuat laporan pertanggungjawaban oleh masing-masing kelompok,” ujar Martini.

Untuk pembinaan, keberadaan KUBe ini akan didampingi oleh tenaga pendamping, agar pemberdayaan di lapangan berjalan maksimal. #DISKOMINFOTIK