Kurangi Sampah Plastik:

Forum Anak Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis Bagikan Goodie Bag di Pasar-Pasar

Teks foto: Pengurus Forum Anak Kecamatan Bantan membagikan goodie bag ke salah seorang ibu di pasar, Ahad, 27 Oktober 2019

BENGKALIS -- Penggunaan plastik memang sudah jadi bagian sehari-hari kehidupan masyarakat.

Bahannya yang ringan dan penggunaan yang praktis membuat pemakaian plastik semakin meningkat tiap harinya.

Namun, di balik penggunaan plastik yang kian sering, ada banyak sekali bahaya yang mengintai. Plastik jadi salah satu penyebab terbesar kerusakan lingkungan.

Plastik dapat menyebabkan kerusakan keseimbangan ekosistem bumi dalam waktu yang lama, karena plastik membutuhkan waktu ratusan tahun agar kembali terurai

Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu negara dengan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Untuk itu, sebagai generasi muda, Forum Anak Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis, Ahad kemarin, 27 Oktober 2019, melaksanakan kegiatan yang mereka namakan ‘ganti plastik’.

Kegiatan ini mereka lakukan dengan membagikan goodie bag kepada ibu-ibu yang berbelanja di pasar-pasar.

Goodie bag adalah salah satu tas pengganti kantong plastik yang lebih ramah dengan lingkungan.

Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak (PHPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Bengkalis Wasiah menjelaskan, kegiatan Forum Anak Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis kemarin, sebagai ‘Gerakan Stop Penggunaan Plastik’.

“Kegiatan ‘ganti plastik’ ini dipusatkan di pasar pusat di setiap kecamatan masing-masing. Kegiatan ini diikuti pengurus Forum Anak Kecamatan di tiap kecamatan yang para pembinanya yang berjumlah 5 orang,” kata Wasiah, Senin, 28 Oktober 2019.

Kata Wasiah, kegiatan tersebut diawali dengan membagikan goodie bag kepada ibu-ibu yang akan memasuki area pasar dan berbelanja.

Kemudian, ibu-ibu tersebut diberi penjelasan bagaimana penggunaan goodie bag sebagai ganti kantong plastik.

“Tujuannya untuk meminimalisir sampah dari kantong plastik yang kian hari makin menumpuk dan sulit diuraikan,” imbuh Wasiah.

Masih menurut Wasiah, kegiatan yang dilakukan Forum Anak Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis tersebut mendapat respon positif dari masyarakat. Khususnya ibu-ibu yang mendapat goodie bag tersebut.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, masyarakat di Kabupaten Bengkalis dapat meminimalisir penggunaan kantong plastik yang sulit diuraikan dan dapat mencemar lingkungan”, tutup Wasiah. #DISKOMINFOTIK