Pencarian

Kadis Kominfotik: Jadikan Medsos yang Kita Miliki Sarana Mencerdaskan Masyarakat

BENGKALIS – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Cendekia Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng), Sabtu, 26 Agustus 2019, melaksanakan seminar dan workshop jurnalistik.

Kegiatan yang diikuti 80 peserta itu dilaksanakan di Aula Gedung Utama Polbeng, jalan Bathin Alam, Desa Sungai Alam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri, menjadi salah satu narasumbernya.

Adapun tema seminar dan workshop jurnalistik itu adalah “Good Journalist Makes Better Future”. Atau, “Jurnalis yang baik akan membuat masa depan semakin baik”.

Sesuai tema kegiatan dan sebagai citizen citizen journalism (jurnalisme warga), Johan mengajak mahasiswa Polbeng, khusus seluruh peserta, agar menjadikan media sosial (medos) yang dimiliki sebagai sarana untuk mencerdaskan masyarakat. Bukan malah sebaliknya.

“Pastikan informasi yang dibagikan melalui medsos yang kita miliki, baik menurut kita dan bermanfaat bagi orang lain”, harap Johan.

Masih menurut Johan, kalau menurut kita sendiri sebuah informasi atau berita tidak berguna, maka jangan dibagikan. Tak usah disharing.

“Saring sebelum sharing. Sebab, baik menurut kita belum tentu baik bagi orang lain. Apalagi bila menurut kita sudah tidak baik”, imbuhnya, mengingatkan.

Melalui medsos yang dimiliki, mantan Kabag Humas Setda Bengkalis ini juga berharap, mahasiswa Polbeng dapat pertisipasi aktif dalam meluruskan setiap hoaks yang berkembang di masyarakat.

“Kalau kita tahu informasi itu bengkok, jangan dibiarkan, segera luruskan. Bukan justru ikut membagi-bagikan. Karena kebohongan yang disampaikan berulang-ulang akan menjadi kebenaran”, terangnya.

Di bagian lain, Johan mengajak seluruh peserta untuk menguasai informasi.

Seraya mengutip sebuah pepatah “Siapa yang menguasai dunia informasi, dialah sesungguhnya yang akan menguasai dunia”, dikatakan Johan, informasi adalah “jalan tol” untuk menuju sukses.

“Saat ini kedahsyatan informasi lebih hebat dari senjata tercanggih sekalipun, karena informasi bila mempengaruhi massa dengan jumlah yang tak terbatas untuk mengikuti wacana yang diinginkan pembuatnya”, papar Johan.

Selain Wakil Direktur III Polbeng Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama yang diwakili Sekretaris Jurusan Teknik Sipil Faisal Ananda, hadir juga dalam pembukaan seminar dan workshop tersebut Pembina UKM Jurnalistik Cendekia Polbeng Andriano, dan ketua pelaksana kegiatan Putri Betha Sitinjak.

Selain Kadis Kominfotik, reporter RRI Bengkalis TS Muhammad Iqbal juga menjadi narasumber seminar dan workshop yang mengusung tema “Good Journalist Makes Better Future” tersebut.

Jika Kadis Kominfotik menyampaikan materi dengan tajuk “Cara Membangun Jurnalis Muda Kreatif dan Profesional untuk Informasi yang Mencerdaskan”, TS Muhammad Iqbal dengan judul “Tata Cara Menulis Artikel dengan Mudah & Kreatif”. #DISKOMINFOTIK

Tim Redaksi