Pencarian

Ketua MUI Provinsi Riau, Tugas MUI Meringankan Beban Pemerintah

BENGKALIS – Ketua MUI Provinsi Riau Prof Dr Nazir Karim mengatakan, Jika ada persoalan-persoalan yang harus difatwakan, itu adalah tugas Majelis Ulama, tentu itu akan meringankan beban pemerintah, karena itu dampaknya kepada masyarakat khususnya umat.

tidak kalah penting, Nazir menyebutkan, tugas MUI dan ulama pada umumnya untuk memelihara membina dan sekaligus pelayan umat.

“Jadi pastilah itu beban yang tidak mudah, apalagi untuk melaksanakan amar maruf nahi munkar, mungkin, untuk amar maruf tidak terlalu sulit karena mengajak orang untuk kebaikan, tetapi begitu sampai pada mencegah kemungkaran, itu cukup sulit dilakukan dan memerlukan daya juang yang kuat,” ungkap Nizar.

Hal itu dikatakan Prof Dr Nazir pada pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) IV MUI Kabupaten Bengkalis, di Aula Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Jum’at, 25 Oktober 2019.

Ia menjelaskan pengurus MUI atau ulama adalah orang-orang pilihan,  dalam Al Quran disebutkan, Kami wariskan kitab itu kepada orang-orang yang kami pilih di antara mereka.

“Jadi MUI adalah orang-orang yang dipilih Allah. Harus berupaya sedemikian rupa untuk umat, sebab tugas kita sebagai pewaris para nabi,  tugas sebagai pemberi fatwa, diminta atau tidak diminta,” jelasnya.

Di bagian lain Ketua MUI Provinsi Riau ini memberikan selamat kepada Ketua dan Pengurus MUI Kabupaten Bengkalis yang telah dapat menghidmatkan diri selama lima tahun terakhir.

“Semoga semua yang terlibat dalam pengurusan MUI kabupaten Bengkalis mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda. Kami juga memberikan apresiasi atas perhatian pemerintah terhadap organisasi MUI, semoga senantiasa bersinergi,” harapnya.#DISKOMINFOTIK

Tim Redaksi