Hadiri Karnaval Kebudayaan Provinsi Riau:

Bupati Amril Mukminin, “Keberagaman Budaya Harus Memperkuat Semangat Kebersamaan”

Teks foto: Bupati Amril Mukminin ketika menghadiri karnaval kebudayaan Provinsi Riau di Pekanbaru, Sabtu, 19 Oktober 2019.

PEKANBARU – Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Sekretaris Daerah H Bustami HY, Sabtu, 19 Oktober 2019, menghadiri kegiatan karnaval kebudayaan Provinsi Riau tahun 2019.

Karnaval kebudayaan yang mengambil rute, jalan Gajah Mada, jalan Diponegoro, jalan Kartini, jalan Sudirman dan kembali ke jalan Gajah Mada yang ditaja sempena Hari Sumpa Pemuda ke-91 tahun 2019 itu, dilepas resmi Gubernur Riau H Syamsuar.

Pada karnaval yang juga diikuti kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau, Kabupaten Bengkalis juga tak mau ketinggalan. Ikut ambil bagian.

Sesuai urutan peserta karnaval kebudayaan, Kabupaten Bengkalis berada di nomor 11 setelah Kabupaten Indragiri Hulu di urutan 10. Sedangkan Kabupaten Indragiri Hilir berada pada urutan nomor 12.

Tema karnaval kebudayaan yang pelepasannya juga dihadiri Wagubri H Edy Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Mohammad Fadjar tersebut adalah “merangkai budaya dalam bingkai NKRI, bersatu kita maju”.

Usai mengikuti pelepasan karnaval kebudayaan tersebut, Bupati Amril Mukminin bukan saja mengajak keberadaan budaya yang ada di Kabupaten Bengkalis senantiasa dilestarikan, tetapi juga dijadikan tali perekat untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

Dikatakan mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini, dengan warga yang memang berbilang kaum, kebudayaan yang ada di masyarakat Kabupaten Bengkalis juga beragam. Tapi itu tak boleh dijadikan alasan untuk tidak bisa hidup bersama.

“Sebaliknya dan seperti yang telah terbina selama ini, keberagaman budaya itu harus jadi tali pengikat yang kuat untuk semakin memperkokoh semangat kebersamaan. Rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan”, ajak Bupati Amril Mukminin.

Di bagian lain, sambungnya, keberagaman kebudayaan masyarakat yang ada di Kabupaten Bengkalis harus tetap terangkai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Memperkaya khazanah kebudayaan nasional.

Selain itu dan sesuai tema Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019, Bupati Amril Mukminin mengajak seluruh warganya untuk semakin berpadu dan bersatu untuk maju.

“Tak ada kemajuan tanpa persatuan dan kesatuan. Mari kita jadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 ini sebagai momentum untuk bersatu dalam kemajuan dan meraih kemajuan dalam persatuan”, ajaknya.

Pada karnaval kebudayaan Provinsi Riau 2019 ini, Kabupaten Bengkalis menampilkan kesenian kompang dari Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis dan miniatur kapal Jajap. ##DISKOMINFOTIK

 


Tulis Komentar