STAIN Bengkalis Gelar Pelatihan Aplikasi Baitul Mal Wa Tamwil

Teks foto: Foto bersama Wakil Ketua Dr H Saifunnajar Wakil Ketua III Wira Sugiarto Ketua Prodi Nur Azlina dan para dosen STAIN lainya bersama narasumber Danang Yoga Pamungkas

BENGKALIS – Sekolah Tinggi  Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis melalui jurusan Perbankan Syariah menggelar pelatihan aplikasi Baitul Mal Wa Tamwil (BMT), Selasa 15 Oktober 2019, bertempat di aula Al-farabi STAIN jalan Lembaga Bengkalis.

Pelatihan itu mengusung tema melahirkan generasi akademi dan praktisi yang memiliki  integritas dan handal dalam dunia perbankan, dengan mendatangkan narasumber dari Pekanbaru Danang Yoga Pamungkas.

Seminar sehari itu, dibuka secara resmi Ketua STAIN Bengkalis Pro Dr. H Samsul Nizar diwakili Ketua II Drs H Nasrun Harahab.

Nasrun menjelaskan selayang pandang tentag apa itu Baitul Mal Wa Tamwil ia mengatakan, keberadaan BMT dapat dipandang memilliki dua fungsi utama,yaitu sebagai media penyalur pendayagunaan harta ibadah seperti zakat, infak, sedekah, dan wakaf,serta dapat pula berfungsi sebagai institusi yang bergerak dibidang investasi yang bersifat produktif sebagaimana layaknya bank.

Pada fungsi yang kedua ini dapat dipahami bahwa selain berfungsi sebagai lembaga keuangan BMT juga berfungsi sebagai lembaga ekonomidan bertugas menghimpun dana dari masyarakat (anggota BMT) yang mempercayakan dananya disimpan di BMT dan menyalurkanya dana kepada masyarakat (anggota BMT) yang diberikan pinjaman oleh BMT.

“Untuk itu melalui pelatihan ini kami berharap kepada peserta (mahasiswa jurusan perbankan syariah) agar benar-benar mengikuti pelatihan aplikasi ini dengan serius, ambil yang bernas, hal-hal yang penting tentang aplikasi disampaikan oleh narasumber, sehingga dapat membantu mata kuliah kalian serta dapat diterapkan di lingkungan masyarakat,” ujar Nasrun.

Orang dipercayai selaku Ketua II di STAIN Bengkalis itu ia juga memberikan motivasi kepada mahasiswa agar terus belajar, belajar dan belajar, tidak ada kata mustahil di dunia ini, jika ada kemauan pasti ada jalan.

“Kita harus belajar dan termotivasi dari saudara kita Mariandi alias Andi watan anak Desa Air Putih Kecamatan Bengkalis ia sudah mampu meciptakan pesawat tanpa awak atau kerab disebut dengan drone, dimana saat ini sedang viral di dunia maya bahkan sudah tersiar di televisi nasional, baru-baru ini beliau mendapatkan apresiasi dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin, karena ia sudah mengharumkan nama baik Kabupaten Bengkalis dikancah nasional,’ terangnya.

Katanya lagi, seharusnya sebagai mahasisa harus menjadi cambuk dan tantangan besar, bagaimana bisa menciptakan hal-hal yang baru bermanfaat bagi orang banyak.

“Melalui pelatihan aplikasi ini kami berharap kepada semua mahasiswa agar mulai berpikir bagaimana bisa menciptakan aplikasi tersebut di kampus kita,” harap Nasrun.

Usai pembukaan tersebut Wakil Ketua I Dr H Saifunnajar menyerahkan cindramata kepada narasumber Danang Yoga Pamungkas.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Ketua III Wira Sugiarto, Ketua Prodi Nur Azlina dan para dosen STAIN lainya. #DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar