Pencarian

Penyakit Tidak Menular Mendominasi, Heri Pratikno: Mari Hidup 'CERDIK'

BENGKALIS - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis melalui Sekretaris Heri Pratikno mengajak Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk menjaga kesehatan dengan berprilaku CERDIK.

Ajakan itu disampaikan Heri saat menyampaikan arahan usai senam setiap Kamis pagi bagi ASN, di lapangan pasir Andam Dewi Bengkalis, 3 Oktober 2019.

Heri menjelaskan, pada tahun 70 hingga 80-an tingkat kematian di Indonesia masih disebabkan oleh penyakit menular, dominasinya hampir 70-80 persen.

sedangkan saat ini, lanjutnya, 70-80 persen penyakit yang menjadi penyebab kematian justru penyakit yang tidak menular, seperti, jantung, kanker dan lain-lain.

"Menanggapi fenomena itu, kami mengajak, mari kita galakkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), salah satu programnya adalah prilaku CERDIK, jaga kesehatan dengan CERDIK," ajak Heri.

"Berapa banyak di antara kita yang jarang sekali mengecek kesehatan secara berkala, kapan terakahir cek kolestrol dan gula darah kita? untuk itu, kembali kami mengajak ayuk peduli dengan kesehatan, lebih baik mencegah daripada mengobati," ungkapnya.

Apa yang Dimaksud dengan CERDIK?

Program CERDIK adalah langkah preventif yang dibuat agar masyarakat yang masih sehat dan bugar dapat terhindar dari berbagai penyakit tidak menular (PTM). Program  ini terdiri atas:

Cek kesehatan secara berkala

Enyahkan asap rokok

Rajin Olahraga

Diet sehat dengan kalori seimbang

Istirahat yang cukup

Kelola stress

Tim Redaksi