Berkat Kreatif, Nazmi Bocah Mentayan “Deras” Pujian di Group Konvensi Hak Anak

Teks foto: Nazmi  Ramadhani Memegang Hasil karya Kerajian Tangan berupa Kotak Pensil dari Botol Bekas

BENGKALIS – Berbagai pujian mengalir “deras” ditujukan kepada seorang anak laki kelas 4 Sekolah Dasar (SD) di group WhatsApp Konvensi Hak Anak (KHA) Kabupaten Bengkalis, sejak pagi Ahad 29 September 2019.

Siapakah dan apa yang telah dilakukan bocah Desa Mentayan Kecamatan Bantan ini, sehingga menjadi perhatian dan mengundang pujian dari anggota group media sosial itu. Ternyata sosok bocah laki-laki bernama Nazmi  Ramadhani, termasuk bocah kreatif menciptakan sesuatu barang bekas alias tidak berguna menjadi sebuah barang apik dan bernilai ekonomis.

Pada usianya yang masih belia, berkat ketekunan anak dari pasangan Hariyanto dan Jamilah ini,  berhasil membuat kotak pensil dari botol bekas. Bukan hanya kotak pensil biasa (hanya sekedar dipotong lantas dimasukan pensil), namun siapa saja yang melihatnya pasti takjub. Rasanya tak mungkin, kotak pensil dengan seni yang indah ini, dihasilkan oleh anak yang masih berusia menanjak 10 tahun.

Adalah, kotak pensil karakter kartun Minions, itu lah hasil karya Nazmi Ramadhani. Tentu semua orang tahu tokoh kartun ini, apalagi anak-anak zaman now. Tentu sangat mengenali.

Ketika anak-anak seusianya, menggemari sosok banana (pisang) warna kuning yang akrab berkaca mata. Namun bagi Nazmi sosok Minions ini ditransformasikan menjadi sebuah hasil karya yang tentu mengundang decak kagum semua orang, khususnya di group KHA Kabupaten Bengkalis.

Bermula dari postingan salah satu anggota group, yakni Eva Susiana. Kira-kira begini isinya, Assalamu'alaikum mau setoran anak kreatif. Namanya Azmi Ramadhani anak SD 24 mentayan. Dia menciptakan kotak pensil dari botol bekas yang dimodifikasi menggunakan kain fanel. Yang kerjanya hanya menggunakan lem pakai lilin. Luar biasa anak ini

Tak ayal postingan itu,  langsung ditanggapi oleh anggota group lainnya, seperti Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak DPP & PA Wasiah, “Seperti yang sering saya katana dan temui bahwa anak-anak Kabupaten Bengkalis memang sangat luar biasa. Alhamdulillahh

Begitu juga pujian disampaikan Eji, “Mantap… Bisa pesan buk. Agar jadi contoh dan meningkatkan motivasinya,”.

Tak hanya itu, pujian datang dari Misna Merlina yang mengirimkan stiker seorang mengancungkan jempol dengan tulisan Luar Biasa.

Tim Diskominfotik menemui Nazmi di rumahnya, dia menceritakan setiap mendapat tugas keterampilan dari gurunya, beliau selalu mencari hal yang berbeda dari teman-temanya.

Caranya bagaimana, tentu dengan memanfaatkan kemajuan informasi dan teknologi (IT) yakni Youtube. Luar biasanya, jika selama ini anak-anak seusia Nazmi cenderung memanfaatkan android untuk main game, ternyata bagi bocah Mentayan ini  digunakan untuk mengasah ilmu keterampilannya.

“Saya kak, sering nonton youtube cari keterampilan yang unik. Mengingat banyak botol bekas dibuang sembarangan jadi saya mencoba untuk memanfaatkan botol tersebut biar tidak jadi sampah kak,”ungkap Nazmi

Sementara itu, menurut Jamilah ibunda Nazmi mengatakan, anaknya bersama teman-temannya setiap hari libur sering mencari barang-barang yang bisa dibuat menjadi kerajianan.

“Namanya anak kadang hari libur itu bersama teman-temannya jalan entah kemana untuk mencarai barang bekas. Tapi saya mendukung dengan apa yang anak saya lakukan selagi itu positif dan masih dalam pengawasan saya dan suami,” tutur Jamilah. ##DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar