KMP Beroperasi Masih 3 Unit:

Menjelang Sore Antrian di Pelabuhan Ro-Ro Air Putih Diperkirakan Padat

Teks foto: Kendaran antri di pelabuhan Ro-Ro Tanjung Pagar Air Putih, Kecamatan Bengkalis sekitar pukul 10.00 WIB tadi

BENGKALIS -- Antrian kendaraan roda 4 di pelabuhan ferry penyeberangan (Ro-Ro) Tanjung Pagar, Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis, pagi menjelang siang ini, Jum’at, 27 September 2019, masih normal. Tapi mengarah ke padat.

Sekitar pukul 10.00 WIB tadi, terlihat tak kurang dari 50 kendaraan roda 4 yang antri ingin menyeberang ke pelabuhan Ro-Ro Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu. Seluruhnya kendaraan pribadi. Tak ada satu pun truk.

Sekitar 50 kendaraan pribadi tersebut mengisi jalur nomor antrian 1 dan nomor 3. Sedangkan jalur nomor 2 kosong melompong.

Sementara untuk antrian kendaraan roda 2 justru berbanding terbalik. Di waktu yang sama, hanya beberapa kendaraan roda dua yang terparkir di tempat antrian biasanya.

Biasanya Menjelang Sore

Berdasarkan kebiasaan Jum’at-Jum’at sebelumnya, antrian kendaraan roda 4 di pelabuhan Tanjung Pagar Air Putih ini meningkatkan dan bahkan menjadi padat usai waktu sholat Jum’at.

“Di atas pukul 13.00 WIB. Biasanya demikian. Lonjakan kendaraan yang antri terjadi setelah waktu sholat fardhu Jum’at”, jelas beberapa warga yang biasa mangkal pelabuhan tersebut.

Tanpa Istirahat

Kepala Unit Pelaksana Teknis Penyeberangan Dinas Perhubungan Fauzi Ibrahim menjelaskan, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) yang beroperasi hari ini hanya 3 unit.

Namun untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat di jalur Tanjung Pagar Air Putih dan Sungai Selari, kecamatan Bukit Batu itu, ketiga beroperasi tanpa jedah waktu rehat.  

“Info hari ini, Jum’at 27 September 2019. Diberitahukan kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan, khusus Jumat ini kapal lanjut beroperasi tanpa ada istirahat, dikarenakan armada yang beroperasi hanya tiga unit. Demikian disampaikan”, demikian tulis Oji, begitu dia akrab disapa.

Oji menuliskan informasi tersebut di grup Facebook “Info Penyeberangan RoRo Bengkalis”, Kamis, 26 September 2019, pukul 22.04 WIB.

Ketika dikonfirmasi ulang melalui WhatsApp (WA) dia membenarkan jika KMP yang beroperasi hari ini masih 3 unit.

“Masih 3, Pak”, balasnya pukul 10.26 WIB tadi, menjawab Kadis Kominfotik Johansyah Syafri yang pada pukul 10.14 WIB memang menanyakan hal itu pada Oji melalui aplikasi yang sama. #DISKOMINFOTIK#