Manager PLN Bengkalis Hasdedy, “Kelalaian Masyarakat Juga Bisa Sebabkan Listrik Padam”

Teks foto: Selain membahayakan, pemasangan spanduk seperti ini bisa menyebabkan padamnya aliran listrik

BENGKALIS – Manager PT PLN (Persero) Rayon Bengkalis Hasdedy menjelaskan, salah satu faktor penyebabnya padamnya aliran listrik (bukan pemadaman) adalah kontribusi masyarakat.

“Meskipun tidak disengaja atau karena kelalaian disebabkan ketidaktahuan dan sangat kecil persentasenya, terkadang juga ada kontribusi masyarakat”, jelasnya, Kamis, 26 September 2019.

Dicontohkannya, pemasangan umbul-umbul yang terlalu dekat jaringan listrik.

“Ketika tiang umbul-umbul tersebut tumbang ditiup angin kencang misalnya, dan kemudian mengenai jaringan listrik. Maka, listrik automatically atau dengan sendirinya akan padam”, terangnya.

Hal itu terjadi, imbuhnya, karena alat proteksi untuk pengamaman yang ada akan bekerja, bila terjadi gangguan.

Adapun alat poteksi yang dimaksudkan seperti “saklar otomatis”. Fungsinya mengamankan manusia dan lingkungan di sekitar jalur jaringan listrik yang terganggu tersebut.

Cara kerjanya itu tadi. Bila ada gangguan yang mengancam keselamatan orang dan lingkungan di sekitarnya, alat proteksi tersebut secara otomatis akan memadamkan aliran listrik.

Dia mencontohkan, padamnya listrik di jalur Antara pada pukul sekitar pukul 07.25 WIB tadi.

Padamnya listrik di jalur tersebut, disebabkan ada seekor monyet yang kestrum di jalan Pertanian.

“Karena ada gangguan monyet tersebut, secara otomatis alat proteksi bekerja memadamkan jurusan Antara untuk mengamankan jika terjadi hal-hal yang terburuk pada masyarakat dan jalur tersebut”, terangnya.

Kepada masyarakat, Hasdedy mengimbau, jika memasang umbul-umbul atau hal lainnya, pastikan tidak berpotensi dapat menjadi penyebab terganggunya jaringan listrik.

“Selain bisa membahayakan diri sendiri, juga dapat menjadi penyebabnya putusnya aliran listrik disebabkan alat proteksi itu bekerja secara otomatis, jika aktivitas tersebut menggangu jaringan listrik. Kalau jaringan terputus. Yang bakal dirugikan masyarakat banyak”, pesan Hasdedy. #DISKOMINFOTIK#


Tulis Komentar