Empat Hari Pelaksanaan MTQ , 6 dari 7 Cabang Perlombaan Tuntas Terselenggara

Teks foto: Astaka Utama MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis di Kecamatan Mandau.

DURI – Setelah empat hari pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis diselenggarakan, 6 dari 7 cabang yang diperlombakan telah selesai terlaksana dangan baik, di Kecamatan Mandau.

“Kita ketahui ada 7 cabang yang ditandingkan pada MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019 ini, yakni cabang khatt qur’an, fahmil, syarhil, musabaqah makalah qur’an atau dikenal dengan sebutan MMQ, kemudian hifdzil qur’an, tafsir qur’an dan tilawah qur’an. Alhamdulillah di hari keempat MTQ ke-44 di Kecamatan Mandau sudah menuntaskan 6 cabang pertandingan,” ujar Ketua Panitia Pelaksanaan MTQ  Bidang Dokumentasi dan Publikasi, Johansyah Syafri, Selasa malam, 29 September 2019.

Johansyah Syafri yang juga merupakan Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Bengkalis ini mengatakan bahwa 6 cabang itu adalah khat, fahmil, syarhil, MMQ, tahfidz dan tafsir. Sedangkan tilawah dengan 8 golongan perlombaan sudah dan masih terus berlangsung jelang penutupan MTQ.

Dijelaskannya, untuk cabang khatt ada empat golongan, yakni golongan naskah, dekorasi, hiasan mushaf dan kontemporer. Cabang syarhil merupakan cabang yang tidak memiliki golongan, tetapi pesertanya beregu terdiri dari regu putra dan putri yang sama dengan cabang fahmil.

Selanjutnya cabang MMQ. Ini juga tidak memiliki golongan namun pesertanya sebagaimana seluruh cabang yang diperlombakan terdiri dari peserta putra dan putri utusan 12 kafilah yang ikut serta dalam pelaksanaan MTQ ini jika memiliki duta.

Sementara untuk cabang tahfidz qur’an memiliki 5 golongan yang terdiri dari golongan 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10, 20 dan 30 juz. Untuk cabang tafsir, ada tiga golongan yakni tafsir Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Dua cabang ini merupakan perlombaan yang belum atau tidak menggunakan babak final.

“Untuk cabang tilawah qur’an dari 8 golongan, ada 3 golongan yakni tartil, tilawah anak-anak dan tilawah remaja yang sudah diumumkan finalisnya pada Senin malam, 23 September 2019 kemarin. Dan berdasarkan jadwal para finalis akan tampil pada Kamis, 26 September mendatang,” tuturnya.

Sedangkan untuk golongan tilawah dewasa, qiro’at murattal remaja, qiro’at murattal dewasa, qiro’at mujawwad remaja dan qiro’at mujawwad masih dalam proses perlombaan untuk babak penyisihan. Lima golongan ini finalisnya akan diumumkan pada Rabu malam, 25 September 2019 besok.#DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar