Hari Ini Penyisihan, Besok Final:

Tersingkat, Cabang Khattil Quran MTQ ke-44 di Mandau Hanya Berlansung 2 Hari

Teks foto: Astaka MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis 1441 H/2019 M di Kecamatan Mandau saat acara pembukaan, Jum'at malam, 20 September 2019

DURI – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Bengkalis 2019 di Kecamatan Mandau meengkompetisikan 7 cabang dengan 24 golongan lomba.

Ketua Bidang Dokumentasi dan Publikasi MTQ ke-44 Johansyah Syafri menjelaskan, dari ke-7 cabang tersebut, Khattil Quran yang tersingkat pelaksanaannya.

“Hanya 2 hari, tersingkat. Sabtu  hari ini dan besok Ahad. Sabtu penyisihan dan Ahad langsung final. Untuk semua golongan lomba. Baik golongan Naskah, Hiasan Mushaf, Dekorasi maupun Kontemporer”, jelasnya, Sabtu pagi, 21 September 2019, di Duri.

Ditambahkannya, ada 72 peserta yang akan berlomba pada cabang Khattil Quran ini.

“Golongan Naskah, 17 peserta, Hiasan Mushaf 19 peserta, Dekorasi 17 peserta dan  Kontemporer 19 peserta,” rincinya.

Masih kata Johan, 11 kafilah kecamatan dan LPTQ Kabupaten Bengkalis, semuanya ikut di cabang ini.

“Hanya, ada beberapa kafilah yang tidak ikut di golongan lomba tertentu. Bandar Laksamana absen di Naskah, Pinggir di Hiasan Mushaf dan Dekorasi. Sementara LPTQ Kabupaten Bengkalid di Kontemporer”, urainya.

Tempat lomba cabang Kahttil Quran ini di Gedung Peremuan Bathin Betuah Kantor Camat Mandau, jalan Jenderal Sudirman No 56.

“Di belakang astaka utama tempat pembukaan semalam”, katanya.

Terlama Lomba

Kata Johan, cabang yang terlama perlombaannya yakni Tilawah. Sampai 27 September 2019 atau sehari menjelang penutupan MTQ ke-44 di Mandau yang dijadwalkan Sabtu malam, 28 September 2019.

“Untuk cabang Tilawah, ada 3 tolongan yang final pada 27 September. Yakni, Qira’at Murattal Dewasa, Qira’at Mujawwad Remada dan Qira’at Mujawwad Dewasa. Sedangkan 5 golongan lomba lainnya sebelum itu” tambahnya.

Jelasnya, ketiga golongan yang finalnya paling akhir itu, masing-masing diikuti 15,16 dan 17 peserta.

Silahkan klik di sini, jika ingin mengetahui jadwal jam tampil Majelis Hakim, Panitera dan Hakim Lampu/Timer MTQ Ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019 di Mandau. #DISKOMINFOTIK#