Terkait Informasi Laman e-mtq.bengkaliskab.go.id:

Johansyah Syafri, “Temanya Benar, Tapi Data Kafilahnya Mungkin Bukan Itu”

Teks foto: Ketua Bidang Dokumentasi dan Publikasi MTQ ke-44 di Mandau Johansyah Syafri

DURI – Ketua Bidang Dokumentasi dan Publikasi panitia MTQ-44 tingkat Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri menjelaskan, nama dan data terkait peserta yang yang terpublikasi laman e-mtq.bengkaliskab.go.id, besar bukan data untuk MTQ ke-44 di Mandau ini.

“Kemungkinan besar data peserta untuk MTQ ke-43 di Kecamatan Bukit Batu tahun 2018 lalu”, jelas Johan, Jum’at, 20 September 2019.

Johan yang juga Kadis Kominfotik Kabupaten Bengkalis ini menjelaskan hal itu, karena adanya pertanyaan dari sejumlah wartawan apakah data tersebut dapat dikutip untuk bahan publikasi atau tidak.

Johan berani menyimpulkan hal tersebut, karena data di website e-mtq.bengkaliskab.go.id berbeda dengan data rekapitulasi jumlah peserta MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 1441 H/2019 H di Kecamatan Mandau yang dimilikinya.

Dicontohkannya, untuk kafilah Kecamata Bengkalis. Di laman e-mtq.bengkaliskab.go.id jumlahnya 48 orang dengan 4 orang yang terdiskualiifikasi. Artinya, peserta dari Kecamatan Bengkalis hanya 44 orang.

Sedangkan berdasarkan rekapitulasi jumlah peserta MTQ ke-44 yang di tangannya, jumlahnya 45 orang.

“Besar kemungkinan data di laman e-mtq.bengkaliskab.go.id itu data tahun 2018 untuk MTQ ke-43 tingkat Kabupaten Bengkalis di Sungai Selari (Bukit Batu). Pada MTQ ke-43, seingat kami kafilah Kecamatan Bengkalis memang 44 orang”, jelasnya.

Johan menambahkan, hingga sehari menjelang pembukaan, Bidang Dokumentasi dan Publikasi yang diketuainya, belum menerima data dan informasi secara detail tentang kafilah masing-masing kecamatan. Seperti nama dan cabang yang diikuti.

Sedangkan tema yang dipublikasikan di e-mtq.bengkaliskab.go.id itu, imbuh Johan, memang tema besar MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019 di Kecamatan Mandau.

“Tema tersebut sama dengan yang disampaikan Sekretaris Daerah (H Bustami HY) ketika menyampaikan sambutan tertulis Bupati Bengkalis (Amril Mukminin) ketika melantik majelis dan Dewan Hakim MTQ ke-44, Kamis malam”, terangnya.

Adapun tema MTQ ke-44 di Mandau ini, yakni, “Membangun Generasi Berkarakter Qur’ani Menuju Masyarakat Kabupaten Bengkalis yang Mandiri dan Sejahtera”.

Johan berjanji akan mengkoordinasikan hal tersebut dengan pengelola website e-mtq.bengkaliskab.go.id.

“Minimal mereka dapat memberikan informasi yang jelas terkait dengan data dan informasi di website tersebut”, tutup Johan.

Silahkan klik di sini, jika ingin tahu data rekapitulasi jumlah peserta MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 1441 H/2019 H di Kecamatan Mandau.  #DISKOMINFOTIK#


Tulis Komentar