Camat Riki Inisiator Santuni Anak Yatim?:

Bupati Amril, “Persaudaraan yang Baik, Bukan Saja Ciri Kualitas Ketaatan kepada Ajaran Agama”

Teks foto: Camat Riki Rihardi memberikan santunan kepada seorang anak yatim sempena malam ta'aruf MTQ ke-44 Kabupaten Bengkalis di Mandau, Kamis malam, 19 September 2019

DURI – Sempena MTQ ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2019 di Kecamatan Mandau, Kamis malam, 19 September 2019 diselenggarakan malam ta’aruf.

Malam ta’aruf yang diikuti 12 kafilah dari 11 kafilah kecamatan se-kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini ditaja di halaman kediaman resmi Camat Mandau Riki Rihardi di komplek Kantor Camat Mandau, jalan Jenderal Sudirman No 56 Duri.

Bupati Amril Mukminin mengatakan, malam ta’aruf merupakan salah satu cara membangun rasa persaudaraan dan kekeluargaan sebelum menuju kompetisi untuk mendapatkan dan menentukan hasil dan siapa yang terbaik.

Selain itu, katanya, malam ta’aruf, selain sebagai bentuk penghormatan kepada para kafilah, juga sebagai ajang untuk mempererat ukhuwah islamiyah. Meningkatkan rasa dan semangat persaudaraan.

Masih kata mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini, kualitas persaudaraan yang baik, bukan saja mencirikan kualitas ketaatan seseorang terhadap ajaran agama.

“Tetapi juga sebagai suatu kekuatan perekat sosial untuk memperkokoh kebersamaan di antara kita,” ujarnya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY.

Malam ta’aruf ini juga sambungnya, menjadi simbol persatuan dan kebersamaan seluruh kafilah.

“Simbol-simbol inilah yang sesungguhnya menjadi inti dari dimensi bahwa dengan bhinneka tunggal ika yang damai, rukun dan harmonis dalam bingkai toleransi, semua putra-putri Kabupaten Bengkalis menjadi satu untuk meninggikan syi’ar agama di Negeri Junjungan ini”, katanya.

Dia berharap, malam ta’aruf tersebut dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sehingga apa yang didapati akan memberikan pengalaman yang berharga bagi setiap kafilah untuk selalu dikenang pasca pelaksanaan MTQ ke-44 di Kecamatan Mandau ini.

Inisiatif Camat Riki

Selain jamuan makan malam untuk seluruh peserta, sempena malam ta’aruf MTQ ke-44 tersebut juga dilakukan santunan kepada tidak kurang 40 anak yatim.

Menurut informasi yang diterima Bidang Dokumentasi dan Publikasi panitia MTQ ke-44, kegiatan pemberian santunan tersebut atas inisiatif Camat Riki Rihardi. Tidak ada dalam agenda yang disusun panitia MTQ ke-44.

“Jangan lupa, jemput anak yatim pada malam ta’aruf Kamis malam besok. Kalau bisa sedikitnya 40 orang. Ajak mereka bersuka cita bersama kafilah MTQ”, ujar salah seorang yang mengaku mendengar langsung instruksi Camat Riki Rihardi tersebut, Rabu siang, 18 September 2019.

Namun sejauh ini belum diperoleh informasi dari Camat Riki Rihardi atas kebenaran informasi tersebut.

Hadir dalam malam ta’aruf tersebut, diantaranya Kasdim 0303/Bengkalis Mayor Inf Dedyk Wahyu Widodo, Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis H Heri Indra Putra, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis H Jumari.

Kemudian, Kepala Bagian Hukum yang juga Plt Asisten Administrasi Umum Maryansyah Oemar dan Kabag Kesra H Hambali. #DISKOMINFOTIK#