Dipastikan Bengkalis Ikut Ajang TTG Nasional di Bengkulu

Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Yuhelmi pada TTG di Bali beberapa waktu lalu

BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis dipastikan akan mengikuti ajang Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-21 tingkat nasional tahun 2019 yang bakal dipusatkan di Sport Center Pantai Panjang, Bengkulu pada 21 hingga 25 September 2019.

“Untuk mematangkan keikutsertaan Kabupaten Bengkalis pada ajang level nasional itu, sejauh ini segala persiapan tengah kami matangkan,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Desa (PMD) Yuhelmi melalui Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Erdila Fitriyadi, Selasa 17 September 2019.

Dikatakatan Erdila, Pemkab Bengkalis akan hadir dengan kekuatan penuh. Segala persiapan sudah mencapai 90 persen, baik boat/stand di lokasi acara serta dekorasi. “Mudah-mudahan apa yang akan kita tampilkan akan memuaskan dan mendapatkan hasil maksimal," harapnya.

Sesuai jadwal, even ini akan dihadiri langsung oleh Bupati Amril Mukminin bersama Ketua Tim penggerak PKK Bengkalis Kasmarni.

Keikutsertaan Pemkab Bengkalis dalam kegiatan tersebut, untuk menggali gagasan pemikiran dalam rangka penyusunan kebijakan, penerapan dan pengembangan TTG dalam upaya pemberdayaan masyarakat dimasa Kini dan masa mendatang.

“Kegiatan tersebut untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang perkembangan dan kemajuan teknologi, serta dalam rangka peningkatan mutu dan kuantitas produksi di berbagai sektor usaha,” tegas Erdila.

Dinas PMD Kabupaten Bengkalis disamping menampilkan TTG dari masyarakat juga mempromosikan UMKM yang ada di masyarakat desa. Hal ini guna memberikan ruang kepada masyarakat desa yang akan mempromosikan produk UMKM seperti makanan, kerajinan tangan dan barang-barang kreatif lainnya.

"Kita juga memperkenalkan berbagai jenis TTG dalam Event tingkat nasional itu, dengan tujuan sebagai langkah strategis dalam penyebarluasan informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat." tegasnya

Lebih lanjut Erdila berharap sepulangnya dari gelaran TTG di Bengkulu nanti dapat mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai temuan yang berbasis kearifan lokal, sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di desa yang ada di Kabupaten Bengkalis ini. #DISKOMINFOTIK