Bupati Bengkalis Sebut PIK R Jadi Solusi Permasalahan Remaja

Teks foto: Kadisdalduk & KB H Ismail saat membacakan sambutan Bupati Bengkalis pada pembukaan Ajang Prestasi dan Jambore Remaja Tingkat Kabupaten Bengkalis, di gedung Cik Puan, Selasa, 17 September 2019.

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan, remaja sebagai generasi penerus bangsa perlu dipersiapkan menjadi manusia yang sehat jasmani, rohani, mental dan spiritual.

Namun, menurutnya, masih banyak masalah  yang sering terjadi dikalangan  remaja, seperti pergaulan bebas, HIV/AIDS dan NAPZA.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan remaja itu, ia menyebut, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah melalui program generasi berencana (Genre) yakni dibentuknya Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) baik jalur pendidikan maupun masyarakat.

Demikian kata Bupati Bengkalis dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kadisdalduk & KB H Ismail pada pembukaan Ajang Prestasi dan Jambore Remaja Tingkat Kabupaten Bengkalis, di gedung Cik Puan, Selasa, 17 September 2019.

Melalui PIK R, para remaja diharapkan mampu mengatasi permasalahannya sendiri, melalui strategi pendidik sebaya dan konselor sebaya, artinya remaja mampu mencapai dan menetapkan solusi akan permasalahan yang dihadapi rekan remajanya yang lain.

Bupati memaparkan, saat ini di Kabupaten Bengkalis telah terbentuk sebanyak 48 PIK R dengan rincian melalui jalur pendidikan mulai dari tingkat SMP, SMA dan Perguran Tinggi sebanyak 44 PIK R dan melalui jalur masyarakat telah terbentuk sebanyak 4 PIK R.

“Saya berharap langkah kita untuk mengoptimalkan peran PIK R ini turut didukung semua pihak.  Bagi sekolah, perguruan tinggi, desa dan kelurahan yang belum membentuk PIK R agar segera membentuk dan mengembangkan PIK R sesuai dengan potensi di lingkunganya masing-masing,” harapnya.#DISKOMINFOTIK