Bupati Bengkalis Harapkan KEK Rupat Segera Terwujud

Teks foto: Kegiatan ekspose KEK Rupat dan Pekanbaru di kantor Gubernur Riau, Senin 16 September 2019.

PEKANBARU – Mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Rupat sangat dinantikan oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Untuk itu Bupati Bengkalis Amril Mukminin berharap KEK segera diwujudkan dalam waktu dekat ini.

“Sejak lama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis mendambakan kehadiran KEK pariwisata Rupat,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Bupbarpora) Bengkalis, Anharizal, pada ekspose KEK Rupat dan Pekanbaru di kantor Gubernur Riau, Senin 16 September 2019.

Anharizal yang mewakili Bupati Bengkalis Amril Mukminin pada ekspose KEK Rupat, menyatakan kesiapan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk mewujudkan Rupat sebagai KEK.

Seperti harapan dari Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Riau, agar “kelahiran” KEK mendapat perhatian serius. Anharizal menegaskan, pihaknya tentu akan mendukung sekali, terutama dalam hal pengurusan perizinan. Selagi menjadi kewenangan daerah, setiap pengurusan akan diprioritaskan dan tentunya memenuhi ketentuan dan persyaratan.

“Pemerintah daerah siap bekerja sama dengan semua pihak dalam mewujudkan KEK Rupat. Kehadiran KEK merupakan berkah bagi daerah, tidak hanya Bengkalis, juga provinsi Riau,” ungkap Anharizal.

Dikatakan Anharizal, potensi yang dimiliki kawasan wisata Rupat, selain memiliki kawasan pantai yang indah, juga memiliki potensi budaya yang sudah menjadi agenda tahunan. Seperti perhetalan mandi safar, even ini memadukan budaya dan keindahan pantai.

Kemudian, keunikan lain adalah pulau Rupat setiap tahun akan menjadi tumpuan satwa langka dari daratan Asia untuk bermigrasi di kawasan itu. Ini tentunya menjadi sebuah berkah tersendiri, karena ribuan burung-burung akan berterbangan di langit Rupat, terutama pada musim dingin di kawasan daratan China.

Dalam mendukung kawasan pariwisata di Pulau Rupat, sejauh ini kata Anharizal, Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah membangun sejumlah insfrastruktur, fasilitas dan sarana pendukung. Namun hal itu, tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan butuh dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat, serta investor.

“Kehadiran KEK yang membutuhkan keterlibatan besar pihak investor untuk membangun fasilitas dan sarana pendukung kawasan wisata, sebuah berkah dan wajib didukung oleh semua pihak,” tandasnya. #DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar