Posyandu Sebagai Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak

Teks foto: Wasiah Mengunjungi Pos Pelayanan Terpadu

PASIRAN – Forum Anak Kecamatan Bantan (Fankebtan) bersama dengan Posyandu  Harapan Kita Desa Pasiran, mengadakan Sosialisasi Setunting dan kegiatan bulanan Timbang masal kepada seluruh balita Desa Pasiran pada, Sabtu pagi 14 September 2019 di Pendopo belakang kantor Desa Pasiran.

Acara digelar dengan tujuan mengetahui perkembangan gizi balita Desa Pasiran, sekaligus pemberian materi kepada  Fankebtan agar menjadi grnerasi yang cerdas dan kearah yang lebih baik.

Sebelum acara sosialosasi di mulai, petugas posyandu melakukan kegiatan timbang masal pada balita yang ada di Desa Pasiran. Kegiatan timbang masal ini di lakukan setiap bulan sekali dengan tujuan untuk memantau perkembangan gizi  balita tersebut.

Timbang masal disaksikan langsung Kasi Pemenuhan Hak Dan Partisipasi Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP & PA) Kabupaten Bengkalis, Wasiah didampingi Kepala Desa Pasiran Amin.

Dalam sela kunjungannya Wasiah mengatakan betapa pentingnya keberadaan Posyandu sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

"Masa-masa pertumbuhan 0-5 tahun, golden age, sangat krusial bagi masa depan anak. Para kader Posyandulah yang memantau perkembangan generasi penerus sejak dini, memberikan makanan tambahan hingga imunisasi," ujar Wasiah.

Wasiah menambahkan, sesuai arahan Presiden Jokowi, Posyandu harus dijadikan salah satu pilar untuk mewujudkan Generasi Emas 2045, di mana balita saat ini akan berusia 25-30 tahun pada 2045. Itulah usia produktif untuk membangun daerah dan Indonesia.

Walaupun kondisi udara berkabut, tidak menyurutkan antusias masyarakat untuk menimbang balitanya.

Hasil dari timbang masal Yang dilakukan Posyandu  Harapan Kita, terbukti gizi balita di Desa Pasiran tergolong baik. Meskipun masih ada beberapa balita yang mengalami penurunan timbangan berat bandan. Selain itu, Posyandu  Harapan Kita membagikan bingkisan berisi, pisang, bubur dan teur rebus sebagai penambah gizi balita.##DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar