Paling Sedikit LPTQ:

Dibandingkan 11 Kafilah MTQ ke-44 Lainnya, Peserta Kecamatan Mandau Terbanyak

Teks foto: Camat Riki Rihardi langsung memimpin peserta pawai ta'rud dari Kecamatan Mandau pada MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018 di Bukit Batu

BENGKALIS – Selaku tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 1441 H/2019 M, Kecamatan Mandau nampaknya tak hanya mau sukses dalam penyelenggaraan. Tetapi juga dari segi prestasi.

Azam ini setidaknya dapat dilihat dari jumlah peserta yang menjadi duta untuk mengikutinya.

Sesuai data yang diperoleh dari panitia pelaksana, dari 11 kafilah kecamatan dan  1 kafilah LPTQ Kabupaten Bengkalis, peserta dari Mandau yang terbanyak. Yakni 50 orang. Sedangkan yang paling sedikit (untuk kafilah kecamatan) dari Talang Muandau.

Jumlah peserta dari Talang Muandau hanya lebih banyak 3 orang dari LPTQ Kabupaten Bengkalis yang pada MTQ ke-44 ini mengutus hanya 23 peserta.

Begitu pula dari 7 cabang yang diperlombakan. Mandau mengikuti semuanya. Kecuali hanya satu, yakni untuk tafsir quran bahasa Inggris.

Peserta terbanyak kedua setelah Mandau adalah Bukit Batu dan Bengkalis. Masing-masing mengirimkan 45 peserta.

Sementara terbanyak ketiga, keempat dan kelima, adalah Rupat Utara, Bathin Solapan dan Bantan. Masing-masing mengirimkan 44, 42 dan 41 peserta.

Setelah itu disusul Pinggir dengan 40 peserta serta Siak Kecil dengan 39 peserta.

Sedangkan Rupat dan Bandar Laksamana berada di dua posisi terakhir jumlah peserta terkecil sebelum Talang Muandau.

Jika Talang Muandau mengutur 26 peserta, Rupat dan Bandar Laksamana, masing-masing 35 dan 33 peserta.

Total peserta MTQ ke-44 di Mandau ini sebanyak 463 orang dengan cabang yang terbanyak peserta untuk Tilawah Quran, yakni 157 peserta.

Tak Ikut Tafsir Quran

Masih mengutip data panitia pelaksana, dari 11 kecamatan, ada 6 kecamatan yang sama sekali tidak mengikuti cabang Tafsir Quran (bahasa Arab, Indonesia dan Inggris).

Ke-6 kecamatan tersebut, yakni Bengkalis, Bukit Batu, Siak Kecil, Bathin Solapan, Talang Muandau dan Rupat.

Sementara untuk Fahmil Quran, Talang Muandau merupakan satu-satu kecamatan yang tidak ambil bagian. Sementara 10 kecamatan lain mengikutinya, baik di beregru putra maupun beregu putri.

Di cabang Hifdzil Quran, khususnya untuk 30 juz, ada 8 kecamatan yang tak ikut. Kecuali, Siak Kecil, Mandau Pinggir.

Dibandingkan dua kecamatan lainnya, di cabang Hifdzil Quran ini Mandau mengutus peserta terbanyak, 2 orang. Sedangkan Siak Kecil dan Pinggir hanya 1 orang. #DISKOMINFOTIK#