LKP Seroja Bengkalis Fasilitasi Uji Kompetensi Bidang Tata Rias Pengantin

Teks foto: Tenaga Penguji Lembaga Sertifikasi Kompetensi Jakarta, M Rais saat menyerahkan soal uji Kompetensi yang diterima Ketua LKP Nora Pekanbaru, Ellyonora

BENGKALIS- LKP Seroja Bengkalis memfasilitasi Uji Kompetensi Bidang Tata Rias Pengantin yang dilaksanakan Tempat Uji Kompetensi (TUK) LKP Nora Pekanbaru, di Aula Korwilcam Dinas Pendidikan, Jalan Antara Bengkalis, Senin, 9 September 2019.

Uji Kompetensi diikuti 30 orang peserta yang sebelumnya telah mengikuti Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) Jenis Keterampilan Tata Rias Gaun Panjang selama kurang lebih 3 bulan, di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Seroja.

Secara resmi, Uji Kompetensi dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis Agusilfridimalis, disaksikan Asesor (Tenaga Penguji) dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi Jakarta, M Rais, Ketua LKP Nora Pekanbaru, Ellyonora dan Ketua LKP Seroja, Titin Agustina.

“Selamat mengikuti uji kompetensi, semoga semua peserta lulus dengan nilai terbaik. Yang terpenting, setelah dinyatakan lulus, teman-teman bisa memanfaatkan ilmu yang diperoleh selama pelatihan kemarin,” harap Agusilfridimalis.

Ketua LKP Seroja, Titin Agustina mengatakan, terdapat tiga bidang yang akan dinilai dalam uji kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan dan sikap.

“Uji Kompetensi ini dilaksanakan sampai sore, peserta akan mengikuti ujian tertulis selama 1 jam untuk menilai pengetahuan, kemudian merias wajah, menyanggul dan membuat hand bouquet untuk menilai keterampilan, terakhir sikap peserta selama ujian juga dinilai,”jelas Tina.

Di bagian lain, Titin Agustina berniat untuk menjadikan LKP Seroja sebagai TUK Definitif agar tidak perlu lagi meminta TUK dari Pekanbaru untuk melaksanakan ujian kompetensi.

“Insya Allah tahun depan kita akan menjadi TUK definitif, karena kita sudah memenuhi persyaratan dan layak menjadi TUK,”ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, sambunya, LKP Seroja juga telah memfasilitasi uji kompetensi bagi peserta pelatihan tata rias pengantin gaun panjang, kerjasama  LPK Seroja Bengkalis  dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang.

Uji Kompetensi dilaksanakan LSP BNSP bidang tata rias pengantin gaun panjang dengan Tenaga Penguji dari Surabaya dan semua peserta dinyatakan lulus.#DISKOMINFOTIK