Melalui Olahraga Tarik Tambang:

Ahad Besok, Orang-Orang Kuat di Kecamatan Bengkalis Adu Kekuatan di Jalan Pertanian Senggoro

Teks foto: Kasi Trantib Umum Kecamatan Bengkalis Zulham Putra dan panitia lainnya, mempersiapkan pemasangan spanduk di lokasi lomba, jalan Pertanian Bengkalis, Sabtu petang, 7 September 2019

BENGKALIS – Ingin tahu orang-orang kuat di Kabupaten Bengkalis, khususnya dari 31 desa dan kelurahan di Kecamatan Bengkalis?

Dan ingin tahu juga bagaimana mereka beradu kekuatan di lapangan terbuka?

Jika jawahnya “iya”, jangan lupa, Ahad pagi, 8 September 2019, pukul 08.00 WIB pastikan sudah berada di lapangan sepak bola di jalan Pertanian Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis (sebelah Balitbang Kabupaten Bengkalis).

Pasalnya, besok pagi, mereka memang akan adu kekuatan untuk menentukan orang-orang dari desa atau kelurahan mana yang terkuat di Kecamatan Bengkalis tahun 2019 ini.

Tapi, adu kekuatan dimaksud bukan adu tinju atau bertanding olahraga bela diri seperti karate, judo, dan yang sejenisnya.

Mereka akan adu kekuatan melalui salah satu olahraga tradisonal. Yakni, tarik tambang.

Camat Bengkalis Ade Suwirman melalui Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum Kecamatan Bengkalis Zulham Putra mengatakan, kegiatan itu ditaja sebagai salah satu rangkaian acara dalam memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019.

“Sebenarnya ditaja Ahad minggu lalu. Tapi karena bersamaan dengan kegiatan lainnya, maka ditunda besok”, jelas Zulham saat ditemui di lokasi tempat lomba tarik tambang tersebut bakal ditaja.

Saat ditemui, dia bersama panitia pelaksana lainnya tengah menyiapkan pemasangan sebuah spanduk.

Spanduk berukuran sekitar 5 meter itu memuat foto Bupati Amril Mukminin, Wakil Bupati H Muhammad, Sekretaris Daerah H Bustami dan Camat Bengkalis Ade Suwirman.

Adapun kalimat yang tertuliskan di spanduk itu, yakni “Selamat datang peserta lomba tarik tambang desa/kelurahan se-Kecamatan Bengkalis dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 Tahun 2019”.

Sedangkan dua baliho besar berukuran sekitar 3x5 meter sudah terpasang. Begitu juga gerbang masuk bertuliskan yang berhiasan bunga-bunga, juga sudah rapi terpasang.

Selain memasang spanduk, sejumlah panitia terlihat tengah menyusun kursi dan memotong rumput dengan mesin.

Ajak Masyarakat Memeriahkan

Atas nama Camat dan Pemerintah Kecamatan Bengkalis, Zulham mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Kecamatan Bengkalis ini, besok, pukul 08.00 WIB sudah berada di lapangan sepak bola jalan Pertanian tersebut.

“Acara ini dari kita, oleh kita dan untuk kita. Mari sama-sama kita ramai dan meriahkan”, ajaknya yang saat ditemui mengenakan jeans dan baju kaos dengan warna yang hampir sama.

Dikatakannya, selain bagian dari memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tingkat Kecamatan Bengkalis, lomba tarik tambang itu juga diharapkan dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan.

Serta, sambung Zulham, untuk meningkatkan semangat kerja sama dan sama kerja. Khususnya antar warga di 31 desa/kelurahan di Kecamatan Bengkalis.

Dikatakan Zulham, makna yang tersimpan di balik lomba tarik tambang ini adalah berusaha menggambarkan bahwa dengan bersatu, maka akan dapat mengalahkan lawan.

“Selain itu, tarik tambang juga menjelaskan bagaimana dalam berusaha, selalu talik ulur sebelum menemukan hasil”, terang Zulham memberikan sedikit penjelasan makna filosofis yang terkandung di dalam olahraga tarik tambang. #DISKOMINFOTIK#