Malam ini, Karang Taruna dan Pemuda Sungai Alam Akan Selenggarakan Beratep Zikir Keliling Kampung

Teks foto: ilustrasi beratep zikir keliling kampung

BENGKALIS –Insya Allah kamis malam Jumat (05/09/19) Desa Sungai Alam bekerjasama dengan Karang Taruna dan Pemuda akan menyelenggarakan acara Beratep dan Zikir Keliling Kampong. Kegiatan ini adalah bagian dari tekad masyarakat dalam melestarikan dan menghidupkan kembali tradisi dari para pendahulu yang sudah lama sekali menghilang,”

Begitulah ungkapan salah seorang tokoh Agama di Kabupaten Bengkalis, yang tinggal di Desa Sungai Alam, Ustadz Suyendri, di akun media sosial facebooknya Suyendri Bengkalis, dengan judul Beratep Zikir Keliling Kampong’, pukul 16.25 WIB, Rabu, 4 September 2019.

Masih kata Ketua Yayasan Madani Nusantara Bengkalis, tradisi beratep atau bele kampong sudah menjadi bagian hidup orang Sungai Alam sejak puluhan tahun silam. Selain mewariskan tradisi, beratap zikir keliling kampung ini diharapkan dapat menjadi wasilah hadirnya ketenangan, kedamaian serta dijauhkan dari segala macam penyakit, bala dan bencana.

“Direncanakan, kegiatan malam besok (Kamis malam Jumat) akan dimulai dari Masjid Darul Huda, dilanjutkan ke arah Politeknik Bengkalis, masuk ke Gang Kelapa dan kembali lagi ke Masjid Darul Huda. Semua jamaah sudah berkumpul di halaman masjid setelah shalat maghrib. O ya, Beratep dilakukan dengan berjalan sedikit lebih cepat dengan menzikirkan kalimat Laa Ilaaha Illallah dengan penuh khusyuk dan semangat,” jelasnya.

Sekilas, tentu ada beberapa himbauan. Sesuai dengan tradisi turun-temurun, pada waktu beratep dilaksanakan, maka diharapkan seluruh pintu rumah, kedai, kantor ditutup sejenak. Baru dibuka kembali setelah acara beratep selesai, dengan perkiraan waktu selama Satu Jam. Kepada seluruh warga masyarakat, baik yg perempuan, anak, mau pun yang tidak ikut semuanya "dilarang" keluar rumah hingga selesai beratep.

“Perlu disampaikan bahwa tradisi beratep dan bele kampung ini hanya diikuti oleh kaum laki-laki saja. Panitia menetapkan hanya yang berumur SMA ke atas yang diperbolehkan. Bagi masyarakat yang ingin bersedekah, dipersilakan meletakkan makanan dan minuman di rute Beratep. Untuk kenyamanan, kepada seluruh penggunakan jalan, diharapkan tidak melintas berlawanan arah ketika Beratep berlangsung. Orang Luar Sungai Alam yang mau bergabung silakan. Besok, Sungai Alam Sunyi Senyap,” tutupnya.#DISKOMINFOTIK