Tindaklanjut Sosialisasi Diseminasi Informasi KIM

Desa Semunai Laporkan Perkembangannya KIM Angkasa Ke Diskominfotik

Teks foto: KIM Angkasa saat laporkan perkembangannya KIM Angkasa ke Diskominfotik

BENGKALIS – Desa Semunai Kecamatan Pinggir laporkan perkembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) desanya ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis Selasa, 3 September 2019.

KIM teresebut bernama KIM Angkasa, diketuai Usman Aritonang dan beranggotakan 18 orang.

Usman Aritonang, bersama Wakil Ketua Heri Siswandi dan Sekretaris Desliani menyambangi Diskominfotik dan langsung disambut Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik Mohd Elkusairi, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Informasi Publik Syahrudin serta Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Zulkifli pukul 10.30 WIB.

Kasi Pengelolaan Informasi Zulkifli menyebut laporan KIM Angkasa yang merupakan respon langsung dari sosialisasi Diseminasi Informasi dan pembetukan KIM yang telah dilakukan pada 6 Desember 2018 lalu di Aula pertemuan Gedung Bathin Beutuah Kecamatan Mandau.

Kala itu sosialisasi dilakukan bagi dua kecamatan, yakni Kecamatan Mandau dan Pinggir dengan menghadirkan narasumber dari Diskominfo Provinsi Riau dan Ketua KIM Palas Mendunia.

“Dari sosialisasi yang 40 orang KIM dari Kecamatan Mandau dan Pinggir lalu itu, kami memang mengharapkan koordinasi dari KIM tersebut. Sejauh mana pelaksanaan dan apa progres KIM tersebut,” Ujar Zulkifli.

3(1) (1)

Dalam pertemuan tersebut Usman Aritonang melaporkan sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan KIM Angkasa semenjak dibentuk pada 12 Januari 2019 melalui Surat Keputusan Kepala Desa Semunai No.03 tahun 2019 tentang “Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Angkasa Desa Semunai Kecamtan Pinggir Kabupaten Bengkalis” priode 2019-2024.

“Kegiatan internal KIM, antar lembaga, dengan dinas atau instansi, bersama masyarakat serta pembinaan dan mengelola lahan tidur hak milik Perusahaan PT. Chevron Pasific Indonesia telah kami lakukan. Semua sesuai rencana awal, walaupun ada sedikit hambatan kegiatan-kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik,” terangnya.

KIM Angkasa bergerak dibidang pertanian, peternakan sapi, dan budidaya ikan serta dengan program kegiatannya yang juga dapat mengurangi pengangguran.

Selain itu, Usman Aritonang meminta dukungan dan dampingan Diskominfotik agar KIM Angkasa mampu menjadi KIM terbaik dan berguna bagi masyarakat.

“Kami kesini sekaligus meminta arahan dan pendampingan dari pihak Diskominfotik agar apa yang kami lakukan berjalan lurus sesuai dengan tujuan Pemkab,” lanjutnya.

Dari laporan yang diterimanya, Kabid Elkusairi mengungkapkan bahwa KIM Angkasa sudah cukup baik dalam pengelolaannya, terbukti dengan berbagai kegiatan yang telah dijalankan dan menjadi KIM yang paling aktif berkomunikasi dengan Diskominfoik dari 12 KIM di Kecamtan Pinggir.

“Kami harap selain KIM Angkasa, KIM lainnya yang telah dilaporkan setiap Kecamatan kepada kami juga turut aktif. Kami siap membimbing dan memantau perkembangannya,” harap Kabid Elkusairi.

Kabid Elkusairi menyembut Keberadaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Diskominfotik pada KIM ini sebagai fasilitator dibidang komunikasi dan informasi.

Sehingga melalui KIM lanjutnya, diharapkan mampu menangkal berita hoak, agar masyarakat dilingkungan masing-masing KIM  mendapat informasi atau berita  yang valid atau benar.

“Ini merupakan salah satu  fungsi keberadaan kim di tengah-tengah masyarakat, selain menjalankan fungsinya untuk meningkatkan ekonomi secara mandiri  sesuai bidang usahanya,” terangnya.

Tahun ini Diskominfotik juga bakal menggadakan sosialisasi Diseminasi Informasi Pemerintah Daerah di lima kecamatan guna memfasilitasi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Komunikasi dan Informasi.

“Lima kecamatan tersebut yakni Kecamatan Rupat yang telah dilakukan pada 8 Agustus 2019 lalu di Aula Kantor Camat Rupat serta Kecamatan Rupat Utara, Bathin Solapan, Bandar Laksamana dan Talang Muandau yang juga akan dilakukan dalam waktu dekat,” tutup Kabid Elkusairi. #DISKOMINFOTIK