Dilepas Bupati Bengkalis:

Pawai Taaruf Sambut Tahun Baru Islam 1441 H di Kecamatan Mandau Sangat Meriah

Teks foto: Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra melepas pawai taaruf sempena tahun baru Islam 1441 H di Duri Kecamatan Mandau, Ahad, 1 September 2019

DURI – Pawai taaruf yang ditaja Pemerintah Kecamatan Mandau sempena menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 H yang ditaja Ahad, 1 September 2019, berlangsung sangat meriah.

Puluhan ribu masyarakat dengan antusias mengikuti pawai yang juga dihadiri Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra dan Camat Mandau Riki Rihardi.

Pawai yang start di depan kantor Kelurahan Batang Serosa dan finish di depan UPT Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil itu, diikuti 37 peserta dari berbagai elemen masyarakat Mandau.

Seperti, Sekolah Islam, Sekolah Negeri dan Sekolah swasta mulai dari tingkat MDTA, MTS, SMP, Aliyah, SMA dan SMK.

Kemudian Organisasi Kemasyarakatan Islam, Posyandu, BKMT, PKK, Aisyah, Guru-guru, Komunitas dan simpatisan lainnya.

Barisan pawai ini juga dihiasi dengan poster-poster bertuliskan lafadz Allah, serta diiiringi marching band dengan lantunan lagu-lagu bernuansa Islami.

Pada pawai tersebut juga ditampilkan pakaian adat tradisional dari sejumlah daerah asal masyarakat Mandau yang memang berbilang kaum.

Langkah Awal Berhijrah

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Heri Indra Putra, Bupati Amril Mukminin, baik atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyambut baik digelarnya pawai taaruf dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1441 H yang diinisiasi Pemerintah Kecamatan Mandau ini.

Dia berharap, pawai tersebut menjadi salah satu momentum untuk memupuk dan meningkatkan kualitas ukhuwah islamiah dan silaturrahmi antar sesama umat di Kabupaten Bengkalis. Khususnya di Mandau.

"Semangat tahun baru Islam harus menjalar ke sanubari seluruh warga Kabupaten Bengkalis. Terutama di Kecamatan Mandau ini. Karena, di sinilah wujud keihklasan dan muhasabah diri umat Islam dalam menjalani seluruh perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya”, ujarnya.

Bupati Bengkalis juga mengajak seluruh umat muslim untuk dapat memaknai tahun baru Islam sebagai langkah awal berhijrah menjadi lebih baik serta dapat memperkuat rasa persatuan dan persaudaraan.

“Kegiatan pawai ini diharapkan dapat menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat. Sebab ini adalah salah satu cara kita untuk memperkenalkan budaya Islam ke masyarakat dalam merayakan kedatangan tahun Islam, khususnya kepada anak-anak dan remaja yang menjadi peserta pawai ini,” harapnya.

Pelepasan pawai taaruf tahun baru Islam tersebut ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Heri Indra Putra yang didampingi Camat Riki Rihardi, Camat Pinggir Azuar, Kapolsek Mandau Arvin Haryadi, Danramil Mandau diwakili Sigit NW, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Mandau Mahzum Sandiman.

Tampak hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Mandau Dewi Asdinar, Sekcam Mandau Muhammad Rusidy, Korwilcam Pendidikan Mandau Pepi Sumanti, Lurah Se-Kecamatan Mandau, serta Kasi dan Kasubbag Kantor Camat Mandau. #DISKOMINFOTIK#