Di Berancah dan Pasiran:

2 Forum Anak Tingkat Desa Resmi Terbentuk di Kecamatan Bantan

Teks foto: FANDESCA dan FANDESRAN Kecamatan Bantan

SELATBARU – Forum Anak tingkat Desa (FANDES) di 2 desa di Kecamatan Bantan, sejak Jum’at, 30 Agustus 2019, resmi terbentuk. Yakni, Forum Anak Desa Pasiran (FANDESRAN) dan Forum Anak Desa Berancah (FANDESCA).

Melalui Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak (BPHPA) Wasiah, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Bengkalismengatakan, pembentuk FANDESRAN dan FANDESCA dibentuk oleh Forum Anak Kecamatan Bantan dan Forum Anak Kabupaten Bengkalis.

Masih kata Wasiah, melalui pembentuk FANDESRAN dan FANDESCA, diharapkan anak-anak di kedua desa tersebut mampu berkontribusi bagi pembangunan di daerah ini.

“Khususnya di kedua desa tersebut”, jelasnya, Sabtu, 31 Agustus 2019, seraya mengatakan, pembentukan kedua Forum Anak tersebut dihadiri Fasilitator Forum Anak  Haziratusabila dan Restia Aumalia Husna serta Kepala Desa setempat.

Terus Lakukan Penguatan

Di bagian lain Wasiah menjelaskan, saat ini ruang partisipasi sudah menjadi kebutuhan bagi anak-anak, terutama di dalam menyampaikan pandangannya terkait kondisi anak-anak di lingkungan tempat tinggalnya.

“Untuk itulah, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, khususnya melalui BPHPA PPPA terus melakukan penguatan. Diantarannya dengan membentuk Forum Anak tingkat Desa (FANDES), seperti FANDESRAN dan FANDESCA,” imbuhnya.

Wasih menambahkan, sebelum di Kecamatan Bantan, pembentukan FANDES ini sudah dilakukan di Desa Penampi (FANDESFI) dan Tameran (FANDESTAM), Kecamatan Bengkalis.

“Pembentukan FANDESPI dan FANDESPAM dibentuk 25 Agustus lalu. Ke depan, selain di Kecamatan Bengkalis Bantan, juga akan dibentuk di kecamatan-kecamatan lainnya,” pungkas Wasiah. #DISKOMINFOTIK#