Diwakili Plt Kepala Bappeda Yuhelmi:

Bupati Bengkalis: “Kita Dukung Sepenuhnya Program Pemprov Riau Lestarikan CB GSK BB”

Teks foto: Plt Kepla Bapedda Yuhelmi (kedua dari kanan) bersama Pejabat Pemkab Bengkalis saat hadiri Rakor dan Launching Logo CB GSK BB di Pekanbaru, Jum'at, 30 Agustus 2019

PEKANBARU – Bupati Bengkalis diwakili Pelaksana Tugas Kepala (Plt) Bappeda Yuhelmi menegaskan, Pemkab Bengkalis mendukung sepenuhnya setiap program yang dilakukan Pemprov Riau untuk melestarikan ekosistem dan kekayaan hayati dan sumber genetik di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu (CB GSK BB).

"Kita siap untuk bersinergi dan sepenuhnya mendukung program Pemprov Riau dalam melestarikan CG GSK BB", kata Yuhelmi, Jum’at, 30 Agustus 2019.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini mengemukakan hal itu usai mengikuti Rapat Koordinasi dan Launching Logo CB GSK BB di ruang rapat Drs Parlaungan Lantai III Bappeda Riau, jalan Gajah Mada, Pekanbaru.

Selain Yuhelmi, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) dan Pejabat Administrator di Pemkab Bengkalis juga hadir dalam Rakor dan Launching Logo CB GSK BB itu.

Rakor yang juga dihadiri Direktur Eksekutif Komite Nasional Man and Biosfer Program Indonesia Prof Purwanto tersebut dibuka Gubernur Riau (Gubri) yang diwakili Plt Kepala Bappeda Riau Supriadi.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Supriadi, Gubri yang juga Ketua Badan Koordinasi Pengelolaan CB GSK BB menjelaskan,CB GSK BB merupakan kawasan konservasi yang bernilai penting dan memiliki ciri khas yang sangat istimewa.

Keistimewaan CB GSK BB, imbuhnya, karena terdiri dari hutan rawa dan gambut yang melindungi ekosistem beserta kekayaan hayati dan sumber genetik di dalamnya.

Masih kata Gubri, hasil penelitian menunjukkan, selama 2009-2014, luas hutan rawa sekunder di area inti berkurang sebesar 11,71℅.

“Aktifitas masyarakat dalam membuka kebun kepala sawit turut mengancam keberadaan Cagar Biosfer. Fenomena ini berlangsung sampai sekarang bahkan menjadi salah satu pemicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada 2014 dan 2015", katanya Supriadi.

Sesuai dengan tema HUT ke-62 Provinsi Riau, yakni "Riau Hijau dan Bermartabat", Gubri berharap, sinergisme seluruh pemangku kepentingan dalam pengelolaan CB GSK BB, harus ditingkatkan.

“Baik dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pihak Swasta, Lembaga Ilmiah maupun Lembaga Swadaya Masyarakat,” harapnya.

Usai membacakan sambutan tertulis Gubri, Supriadi meluncurkan Logo CB GSK BB. Logo tersebut ditetapkan melalui Keputusan Kepala Bappeda Riau Nomor 43/VIII/2019, tanggal 12 Agustus 2019.

Adapun PPTP Pemkab Bengkalis yang hadir, diantaranya Kadis Lingkungan Hidup H Arman AA, Kadis Daprin H Raja Arlingga, Kadis Pemadam Kebakaran Djamaludin, Kadis Ketahanan Pangan Syafrizan, dan Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah H Tajul Mudarris.

Sedangkan Pejabat Administrator, diantaranya Sekretaris Disparbudpora Andris Wasono, Plt Kadis Pertanian Supardi, Camat Siak Kecil M Fadlul Wadji, Camat Bukit Batu H Mulyadi, serta Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Bappeda M Firdaus, Kabid Ekonomi Bappeda Jefalinus dan Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Juminanin Hartatik. #DISKOMINFOTIK#


Tulis Komentar