Pencarian

Gangguan pada Provider Operator Seluler?

Website Kominfotik: “Di Pulau Bengkalis Tak Bisa Diakses, di Luar Justru OK”

Di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru

BENGKALIS – Sejak kemarin, Selasa, 27 Agustus 2019, sejumlah masyarakat komplain, website yang dikelola Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis tak bisa diakses. Khususnya melalui android.

Mereka yang mengeluhkan hal itu, umumnya berada di pulau Bengkalis.

“Dari semalam tak bisa buka link Kominfotik, Bang! Apa can (masalah)?” keluh Taufik warga gang Abdul Muluk, jalan Antara diakun facebook Kadis Kominfotik Johansyah Syafri, Rabu, 28 Agustus 2019, pukul 06.03 WIB.

“Beritanya tak bisa dibaca”, tulis Alhalifi RL, di hari yang sama, pukul 07.27 WIB, seraya menyertakan foto tentang website Diskominfotik dengan tulisan “Laman web tidak tersedia”.

Menanggapi keluhan tersebut Kadis Kominfotik Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Seksi Infrastruktur dan Teknologi Andri Irawan dan Kepala Seksi Telematika Zulkifili, secara bersamaan menjelaskan tak bisa diaksesnya website Kominfotik bukan berasal dari website tersebut. Tapi “dari luar”

“Penyebabnya bukan dari website Kominfotik. Kemungkinan adanya gangguan pada sisi provider operator seluler. Hasil uji akses dengan menggunakan provider yang berbeda tidak ditemukan kendala”, ujar Andri dan Zulkifli senada.

Terjadinya gangguan dari beberapa operator seluler tersebut menyebabkan sebagian masyarakat tidak dapat mengakses informasi laman website di bawah domain bengkaliskab.go.id. Seperti bengkaliskab.go.id, dan diskominfotik.bengkaliskab.go.id, seperti yang disampaikan Taufik dan Alhalifi RL.

Baik Andri maupun Zulkifli menyarankan, bagi masyarakat yang ingin mengakses informasi di website yang dikelola Kominfotik Bengkalis untuk dapat meng-update browser.

“Atau menggunakan VPN (Virtual Private Network)”, saran Andri dan Zulkifli.

Di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru

OK di Luar Pulau Bengkalis

Terpisah, Kadis Kominfotik Johan menjelaskan, tak bisa diaksesnya website yang dikelola Diskominfotik melalui android, hanya terjadi di pulau Bengkalis.

“Mulai dari Sungai Pakning, Kabupaten Siak, Pekanbaru bahkan di Jakarta, website yang dikelola Diskominfotik, alhamdulillah is OK. Fine-fine (baik-baik) saja,” jelas Johan yang hari ini melakukan perjalanan dinas ke ibukota negara.

Di bagian lain, Johan mengatakan, seluruh pegawai di Diskominfotik yang mengelola website sudah ditugaskan dan siap 24 jam untuk segera mengatasi kendala, jika tak bisa diaksesnya website yang dikelola Diskominfotik disebabkan faktor internal. #DISKOMINFOTIK#

Tim Redaksi