Pencarian

Harapkan Sinergisme Seluruh PD:

Kadis Persip Suwarto Terima 4 Arsip Bersejarah dari Kabag Tapem dan Otda M Amru Herawza

BENGKALIS -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Bengkalis menerima arsip statis berupa foto Peta Kabupaten Bengkalis dan foto-foto bersejarah, sebanyak 4 lembar.

Arsip tersebut diserahkan Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Mohd Amru Herawza kepada Kepala Dispersip H Suwarto di ruang kerjanya, Dispersip jalan Pertanian Bengkalis, Selasa, 27 Agustus 2019.

Usai menerima arsip tersebut, Suwarto berharap adanya sinergisme dengan seluruh Perangkat Daerah di Pemkab Bengkalis untuk penguatan layanan informasi arsip kepada masyarakat dan pemahaman yang komprehensif dikembangkan secara signifikan terhadap pemanfaatan SIKN-JIKN sebagai layanan informasi arsip berbasis daring (online).

Katanya, Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) diamanatkan dalam Pasal 12 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, untuk memberikan informasi yang autentik dan utuh dalam mewujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen penyelenggaraan negara, memori kolektif bangsa, dan simpul pemersatu bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Manfaat yang dapat diambil dengan pengelolaan sistem dan jaringan informasi kearsipan nasional ini, kata Suwarto, pencipta arsip (kementerian/lembaga) dapat menerapkan keterbukaan informasi publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lalu, lembaga kearsipan dapat mempromosikan khazanah arsip statis yang dimilikinya dan saling berbagi informasi arsip statis dengan lembaga kearsipan lainnya.

Kemudian, masyarakat sebagai pengguna arsip sudah dapat mengakses informasi arsip berbasis daring (dalam jaringan/online) untuk kebutuhan publik yang menyediakan peluang peningkatan kesejahteraan rakyat melalui website jikn.go.id.

“Terakhir, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan terpercaya,” pungkas Suwarto. #DISKOMINFOTIK#

Tim Redaksi