Kapolres Inspektur Upacara Pawai Obor:

Bupati Amril Mukminin: “Semangat Juang Pahlawan dan Pendiri Bangsa Harus Terus Kita Kobarkan”

Teks foto: Peserta pawai obor menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia tahun 2019, Jum'at 16 Agustus 2019.

BENGKALIS – Pawai obor yang ditaja menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia tahun 2019, berlangsung meriah.

Sekitar 2.000 peserta yang mengikuti pawai tersebut, membuat rute yang dilalui menguning laksana penuh dengan kunang-kunang.

Pelepasan pawai obor yang dipusatkan di jalan Antara (depan Wisma Daerah Sri Mahkota) tersebut ditandai penyalaan (pemasangan) api opor secara simbolis.

Selain Bupati Bengkalis Amril Mukminin, ikut menyalakan api obor secara simbolis tersebut diantaranya Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto selaku inspektur upacara dan Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetya Harmianto.

Adapun peserta yang menjadi pawai obor yang dimulai sekitar pukul 20.00 WIB dan menempuh jarak sekitar 5 Km itu, seperti pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, PNS dan tenaga honorer di lingkungan Pemkab Bengkalis.

Kemudian, karyawan/karyawati perbankan (Bank Riau, Mandiri, BRI, Lippo, Mega, Mandiri Syariah dan BCA), PNS instansi vertikal, BUMD, BUMN, tenaga pendidik (guru), Linmas dari 15 desa di Kecamatan Bengkalis, Pramuka, mahasiswa serta organisasi kemasyarakatan pemuda.

Kobarkan Semangat Perjuangan

Menjawab wartawan, Bupati Amril mengatakan, melalui kegiatan pawai obor yang dilaksanakan setiap tahun sempena peringatan HUT Kemerdaan RI ini, semangat juang para pahlawan dan pendiri bangsa ini terus berkobar.

“Seperti api yang tak kunjung padam. Harus terus kita kobarkan. Terus tertanam dan tumbuh di seluruh lapisan masyarakat daerah ini. Tidak terkecuali di kalangan generasi muda,” jelasnya.

Melalui momen HUT ke-74 RI tahun 2019 ini, Bupati Amril Mukminin mengajak seluruh warganya untuk sama-sama mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Menjalan tugas dan fungsi masing-masing dengan baik.

“Mari kita tunaikan kewajiban dengan baik. Yang masih bersekolah, belajar dengan baik. Yang sudah bekerja, bekerjalah dengan baik. Mari sama-sama kita isi kemerdekaan bangsa Indonesia yang tahun ini kita peringati untuk yang ke-74 dengan karya terbaik,” ajaknya.

Khusus kepada seluruh generasi muda di daerah ini, Bupati Amril Mukminin berharap untuk tidak terlibat dengan hal-hal yang negative. Misalnya terlibat dengan penyalahgunaan narkoba.

Selain Kapolres dan Dandim 0303/Bengkalis terlihat hadir dipanggung VVIP bersama Bupati Amril Mukminin melepas pawai tersebut, diantaranya Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Sri H Zainuddin Yusuf.

Kemudian, Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami HY, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Rudi Ananta Wijaya , Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Khairiyah Roihan dan Ketua KPU Bengkalis Fadhillah Al Mausuly.

Masyarakat Antusias

Sementara itu, berdasarkan pantauan di rute yang dilalui peserta pawai obor, antusiasme masyarakat untuk menyaksikannya sangat tinggi.

Ribuan masyarakat ikut menyaksikan pawai tersebut dan memadati rute yang dilalui peserta pawai. Dan tidak sedikit diantaranya mereka ikut mengabadikannya melalui smartphone yang dimiliki. Baik dalam bentuk foto maupun video.

Adapun rute yang dilalui adalah jalan Antara, Gatot Subroto, HOS Cokroaminoto, jalan Bengkalis, jalan Senggoro-Bantan dan kembali ke jalan Antara serta finish di tempat pelepasan (start). ##DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar