Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Sekda Sampaikan 4 Hal Penting

Teks foto: Sekda Bengkalis Bustami menyampaikan empat hal penting saat memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional, 17 Juli 2019 di Halaman Kantor Bupati Bengkalis.

BENGKALIS - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis, H Bustami HY pimpin upacara Hari Kesadaran Nasional di Halaman Kantor Bupati Bengkalis. Dalam upacara yang rutin digelar setiap tanggal 17 tiap bulan tersebut, Bustami sampaikan empat hal penting.

Informasi penting pertama yang disampaikan Bustami terkait hasil rapat koordinasi (Rakor) dengan tim dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Deputi Bidang Kemaritiman terhadap peninjauan lapangan wilayah pesisir yang terkena abrasi.

"Alhamdulillah, pada 5 Juli 2019 kemarin tim dari Kemenko Deputi Bidang Kemaritiman telah melaksanakan Rakor terhadap peninjauan lapangan wilayah pesisir yang terkena abrasi, dari pertemuan tersebut menko mengusulkan program pembangunan talud di pantai timur pulau Sumatera periode 2020-2024," ujarnya.

Melalui Musrenbang RPJMD Riau tahun 2019-2024, sambung Bustami, Pemkab Bengkalis telah mengusulkan kepada Gubernur Riau, empat hal. Pertama, untuk meningkatkan pembangunan pariwisata Pulau Rupat.

"Kedua, konektivitas antar pulau, jembatan, pelabuhan dan roro. Ketiga, peningkatan status dan penguatan kualitas jalan. Keempat, pengembangan wilayah pesisir dan perbatasan, penanganan abrasi, pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat dan pengelolaan lahan gambut," ujarnya lagi.

Info penting ketiga yang disampaikan dalam apel yang seluruh petugasnya dari Satpol PP Bengkalis itu, Bustami menyebutkan berhubung wilayah berjuluk Negeri Junjungan masuk masim kemarau, menghimbau agar seluruh masyarakat tidak membakar hutan dan lahan.

"Badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru telah mendeteksi tujuh titik panas sebagai indikasi awal terjadinya kebakaran hutan dan lahan salah satunya adalah Kabupaten Bengkalis, untuk itu kami menghimbau kepada kita semua khususnya masyarakat kabupaten bengkalis untuk tidak membakar hutan ataupun lahan," pesannya.

Informasi penting terakhir, Sekda mengajak kita semua untuk mendoakan saudara-saudara kita jamaah calon haji kloter 10 dan 20 asal Kabupaten Bengkalis agar diberikan kesehatan, kekuatan dalam melaksanakan ibadah hajinya, dan menjadi haji yang mabrur. #DISKOMINFOTIK