Jumat, 31 Mei 2019 | 12:47:31 WIB | Dibaca : 2882 Kali

Bupati Amril Ingatkan Pemudik Hati-Hati dan Tak Paksakan Kondisi Diri

Editor: Achyan - Reporter: Ayu Erlina - Fotografer: Istimewa
Bupati Amril Ingatkan Pemudik Hati-Hati dan Tak Paksakan Kondisi Diri Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat memberikan sambutan

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengingatkan kepada masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, agar selalu berhati-hati dan tidak memaksakan kondisi diri mengingat volume kendaraan cukup tinggi kala hari raya dibanding hari-hari biasanya.

“Pemudik harus bisa memastikan kondisi diri, jangan dipaksakan kalau lelah dan jangan mengendarai kendaraan dalam keadaan ngantuk,” ujar Bupati Amril.

Arus mudik yang terjadi mulai Rabu 29 Mei atau H-7 lebaran 2019, membuat puluhan ribu orang yang memiliki tujuan yang sama dengan rasa tidak sabar untuk segera tiba di kampung halaman membuat sebagian dari pemudik mengabaikan kemampuan diri.

“Rasa tidak sabar untuk sampai di kampung halaman membuat sebagian orang tidak memperdulikan kapan seharusnya tubuh beristirahat. Kami anjurkan jika tubuh terasa lelah, maka segeralah beristirahat di pos pengamanan lebaran yang telah disediakan” ucapnya.

Bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi atau rental, Bupati Amril juga mengingatkan agar sebelum berangkat memeriksa kembali kondisi kendaraan, seperti ban, rem, kemudi dan bagian lainya. Segera ganti atau perbaiki bagian-bagian yang mengalami kerusakan, sehingga tidak membahayakan saat dikendarai jarak jauh.

“Lengkapi surat-surat sebelum berangkat. Istirahatlah apabila lelah dan mengantuk di tempat aman dan ramai. Waspada dan hati-hati dalam mengemudikan kendaraan, karena arus lalu lintas di saat mudik sangat padat,” imbuhnya.

Bagi warganya yang mudik dengan sepeda motor, dia menambahkan, agar tidak membawa barang berlebihan. Secukupnya saja, karena apabila banyak akan mengganggu perjalanan.

“Jangan lupa gunakan helm standar dan jacket. Jangan membawa anak kecil, berbahaya,” pesannya lagi seraya mendoakan warganya yang mudik lebaran, selamat dalam perjalan pergi maupun pulang.

Kepada warganya yang saat mudik rumahnya tidak ada yang menunggunya, harapnya, jangan lupa memberi tahu tetangga. Tinggalkan nomor HP dan telepon rumah di tempat mudik pada tetangga yang tidak mudik atau ke ketua RT.

“Sehingga bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, bisa dihubungi dengan cepat,” ujarnya seraya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H serta mohon maaf lahir dan bathin kepada warganya yang mudik. #DISKOMINFOTIK

 

 

[Ikuti Terus Diskominfotik Bengkalis Melalui Sosial Media]




Baca Juga
Tulis Komentar
BERITA TERKINI
Selengkapnya
Agenda Kegiatan
BERITA TERPOPULER