Johansyah Jadi Narasumber Seminar Public Relations

Teks foto: Johansyah Syafri saat menyampaikan materi seminar PR

BENGKALIS – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Johansyah Syafri menjadi narasumber Seminar Public Relations (PR) diikuti mahasiswa STAIN Bengkalis, Kamis, 2 Mei 2019.

Seminar ditaja Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAIN Bengkalis, di gedung aula Kampus STAIN.

Kegiatan dibuka Wakil Ketua III STAIN Bengkalis Wira Sugiarto, dihadiri Ketua Prodi MPI Ismatul Maula, sejumlah Kaprodi dan dosan STAIN.

Kepada peserta seminar, Johan menjelaskan PR adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara institusi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut.

“Orang akan tertarik atau tidak terhadap lembaga, perusahaan atau perguruan tinggi tergantung bagaimana PR-nya bekerja, jadi peran PR sangat strategis untuk memajukan atau bahkan melunturkan kepercayaan publik,” ungkapnya.

Saat ini orang bukan lagi berada di era digital, sambungnya tapi sudah memasuki era post-digital yang mana informasi berada di mana-mana dan tidak ada batasan.

“PR saat ini tidak bisa sekadar mengerjakan siaran pers, monitoring media cetak, dan menjaga imej intansi saja, tapi lebih dari itu semua. “Menjadi PR adalah tentang bagaimana kita memengaruhi publik,” tegasnya.

Usai seminar, Kaprodi MPI Ismatul Maula menjelaskan seminar ditujukan untuk memberikan pengalaman dan wawasan kepada mahasiswa Prodi MPI tentang fungsi PR dalam sebuah instansi. 

"Tidak hanya penerapan ilmu PR dalam instansi yang dapat dijadikan pembelajaran bagi para mahasiswa, kami juga semakin memahami bagaimana fungsi Diskominfotik dalam membangun citra positif pemerintah daerah. Karena itu, kami sangat berterima kasih atas kesediaan pak Johansyah menjadi narasumber seminar ini,” ujarnya.#DISKOMINFOTIK