MENU TUTUP
Kamis, 19 September 2024 | 22:03:22 WIB - Dibaca: 71 kali

Bupati Bengkalis Kukuhkan Satlinmas Desa dan Kelurahan Empat Kecamatan di Duri

MANDAU - Bupati Bengkalis Kasmarni mengukuhkan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) desa dan kelurahan untuk empat kecamatan, yakni Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Muandau bertempat di Halaman Kantor Camat Mandau, Kamis, 19 September 2024.

Dalam arahannya, Bupati Bengkalis Kasmarni menyampaikan ucapan selamat dan tahniah kepada Satlinmas desa dan kelurahan se-Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Muandau yang telah dikukuhkan. Dan mengharapkan semoga dapat menjalankan tugas serta fungsinya sebagai anggota Satlinmas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

"Sebagai anggota Satlinmas yang dibentuk oleh lurah dan atau kepala desa, tentunya saudara mempunyai peran yang sangat strategis dalam membantu tugas pemerintah desa dan kelurahan, terutama dalam melaksanakan tugas memberikan perlindungan kepada masyarakat," jelas Bupati.

Oleh karenanya Bupati berharap, agar benar-benar dapat membantu Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam melindungi masyarakat dari gangguan yang diakibatkan oleh bencana, membantu memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu memelihara ketenteraman dan ketertiban pada saat Pilkades, Pilkada dan Pemilu, membantu upaya pertahanan negara, serta melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh lurah dan kepala desa. 

"Untuk lebih jelasnya terkait tugas dan fungsi saudara, nanti mohon dibaca dan dipelajari lagi permendagri nomor 26 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat," pesan Kasmarni.

Terkhusus kepada Kakan Satpol PP, Camat, Kepala Desa serta Lurah, Bupati berpesan agar para Satlinmas dapat dibantu, difasilitasi dan dibina. Sehingga  mereka benar-benar berkompetensi, serta dapat melaksanakan tugas, fungsinya dengan baik dan maksimal.

Sebagaimana diketahui, bahwa pada tanggal 27 November 2024 nanti, akan menyelenggarakan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis.

"Insya Allah, kami akan menjadi salah satu bagian dari pesta demokrasi tersebut. Untuk itu, kami mohon do’a restu serta dukungannya. Dan kami juga berharap saudara-saudara dapat ikut berpartisipasi serta menyukseskan perhelatan akbar tersebut, dengan membantu kami dalam memelihara ketenteraman dan ketertiban, karena semua itu merupakan salah satu dari tugas serta fungsi saudara sebagai anggota satlinmas yang ada di desa dan kelurahan," ujarnya.

Kepada anggota Satlinmas, diminta untuk ikut mengajak masyarakat agar hadir ke TPS dan menggunakan hak pilihnya secara baik dan benar pada hari pemilihan tersebut, serta ikut mengingatkan masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan berita hoaks serta isu-isu provokatif yang sengaja dilemparkan oleh pihak-pihak yang ingin menghancurkan nilai persatuan dan kesatuan yang telah tumbuh baik ditengah-tengah masyarakat saat ini.

Prarezeki Indra Muda, ST
     

[Ikuti Terus Diskominfotik Bengkalis Melalui Sosial Media]







Diskominfotik Bengkalis
di Google+



Diskominfotik Bengkalis
di Instagram
TULIS KOMENTAR +
Baca Juga +