MENU TUTUP
Kamis, 10 Oktober 2024 | 16:53:29 WIB - Dibaca: 382 kali

DWP Unit Dinas Perkebunan Bengkalis Gelar Edukasi Pemanfaatan Toga

BENGKALIS - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis menggelar edukasi pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga). Kamis 10 Oktober 2024, di depan Kantor Unit Dinas Perkebunan Jalan Pertanian Bengkalis.

Kegiatan edukasi pemanfaatan Toga ini, dalam rangka pertemuan bulanan DWP Unit Dinas Perkebunan Bengkalis, yang dibuka langsung Pembina DWP Unit Dinas Perkebunan Bengkalis Mohammad Azmir didampingi Ketua DWP Unit Dinas Perkebunan Bengkalis Nya. Eji Mohammad Azmir dan narasumber Siti Hartinah dari Puskesmas Selat Baru.

Dalam arahannya Kepala Dinas Perkebunan yang juga Pembina DWP Unit Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis Mohammad Azmir mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu DWP Unit Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis yang selalu aktif mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti ini.

Azmir juga berharap semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan ilmu pengetahuan bagi ibu-ibu DWP tentang pemanfaatan lingkungan untuk kesehatan keluarga.

"Apalagi di musim pancaroba saat ini, perlu kita menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh, supaya kita tidak mudah diserang penyakit. Sehingga keluarga kita tetap sehat dan kuat,"ungkap Azmir.

Pada kesempatan itu juga, Azmir mengapresiasi kepada ibu-ibu DWP Unit Dinas Perkebunan Bengkalis hingga saat ini masih konsisten melakukan kegiatan pengumpulan sampah, yang diserahkan ke Bank Sampah Bengkalis. Selain itu rutin menabung koin kekinian.

Selanjutnya Ketua DWP Unit Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis Nya. Eji Mohammad Azmir mengajak kepada seluruh ibu-ibu DWP Unit Dinas Perkebunan Bengkalis untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya masing-masing sebagai tempat Tanaman Obat Keluarga (Toga). Supaya bisa membantu keluarga tetap sehat dan kuat dengan selalu mengonsumsi bahan herbal.

Eji juga menjelaskan bahwa tujuan edukasi pemanfaatan Toga ini, untuk memberikan informasi serta menambahkan pengetahuan tentang bagaimana cara pemanfaatan bahan-bahan herbal yang ditanam di perkarangan rumah.

"Mari kita bersama-sama ikuti dan dengarkan narasumber kita, yang akan menyampaikan jenis-jenis herbal yang diolah menjadi obat untuk dikonsumsi. Karena ibu-ibu adalah jantung keluarga rumah tangga yang harus tetap kuat dan sehat,"ajak Eji.

Sementara itu Narasumber Siti Hartinah menjelaskan fungsi pemanfaatan Toga ini, sebagai sarana penyediaan tanaman obat untuk pemeliharaan kesehatan mandiri.

Kemudian sebagai sarana pelestarian tanaman obat dan budaya pengobatan tradisional yang merupakan warisan leluhur.

Selanjutnya Siti menambahkan manfaat mengkonsumsi bahan-bahan herbal upaya kesehatan preventif (pencegahan penyakit), promotif (meningkatkan kesehatan), kuratif ( penanggulangan penyakit) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan).

Selain itu memperbaiki status gizi keluarga, meningkatkan kesehatan dan pelestarian lingkungan rumah tangga.

Pada kesempatan itu juga ibu-ibu DWP Unit Dinas Perkebunan Bengkalis diajarkan langsung bagaimana cara mengolah bahan herbal hingga bisa menjadi obat serta dikonsumsi.#DISKOMINFOTIK.

Mairizon, S.Sos, M.Si
     

[Ikuti Terus Diskominfotik Bengkalis Melalui Sosial Media]







Diskominfotik Bengkalis
di Google+



Diskominfotik Bengkalis
di Instagram
TULIS KOMENTAR +
Baca Juga +