MENU TUTUP
Senin, 28 Oktober 2024 | 08:00:39 WIB - Dibaca: 144 kali

Forum Komunikasi Disdukcapil se-Riau, Direktur Dafdukcapil RI Tekankan Jemput Bola

BENGKALIS - Direktur Dafdukcapil Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Republik Indonesia sekaligus Pjs. Bupati Bengkalis Akhmad Sudirman Tavipiyono menekankan Kepala Disdukcapil se-Riau agar terus tingkatkan capaian target perekaman KTP-el, antara lain melalui layanan jemput bola.

Hal itu dikemukakan Akhmad Sudirman Tavipiyono pada silaturahmi Forum Komunikasi Disdukcapil se- Provinsi Riau, Ahad malam, 27 Oktober 2024 di ruang VVIP Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis.

Acara silaturahmi dengan penuh kekeluargaan ini diawali dengan makan malam bersama tamu undangan se-Provinsi Riau.

Ketua Forum Komunikasi Disdukcapil Provinsi Riau, sekaligus Kadisdukcapil Kabupaten Bengkalis Ismail mengatakan bahwa pertemuan Forum ini telah dilaksanakan sebanyak tiga kali sesuai dengan kebutuhan tugas Disdukcapil dalam peningkatan kinerja.

Perekaman KTP-el penduduk yang akan menjadi pemilih pemula pada Pilkada Serentak Tahun 2024, menjadi salah satu prioritas utama yang diupayakan dapat dituntaskan Disdukcapil Kabupaten/Kota di Riau. Oleh karena Kami seluruh jajaran Disdukcapil Kabupaten/Kota akan selalu berkoordinasi dan bersinergi untuk dapat menyelesaikannya," kata Ismail.

Sementara itu Kadis PMD Dukcapil Riau diwakili Sekretaris Pemberdayaan Masyarakat Dukcapil Riau Aswandi memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang telah memfasilitasi pelaksanaan Forum Kominikasi Disdukcapil se Riau ini.

"Tentu forum ini akan menjadi wadah untuk berbagi informasi permasalahan terkait administrasi kependudukan dan meningkatkan optimalisasi pelayanan kependudukan," kata Aswandi.

Aswandi berharap optimalisasi pelayanan administrasi kependudukan dalam mendukung pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024 perlu terus ditingkatkan dengan melakukan sinergi dan kolaborasi.

Sementara itu Direktur Dafdukcapil Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Republik Indonesia sekaligus Pjs. Bupati Bengkalis Akhmad Sudirman Tavipiyono menegaskan kepada Kepala Disdukcapil se-Provinsi Riau untuk memastikan seluruh penduduk pemula dapat dilakukan perekaman KTP-el.

"Kami minta Kadisdukcapil se-Provinsi Riau untuk mengecek kembali data KTP-el by name by adress dan lakukan perekaman bagi penduduk pemula, khususnya yang akan menjadi pemilih pada Pilkada Serentak Tahun 2024 ini. Lakukan berkoordinasi dan sinergi dengan KPU masing-masing Kabupaten/Kota, sampaikan informasi perkembangan perekaman dan upaya yang dilakukan" kata Tavip.

Tavip menekankan seluruh Disdukcapil Kabupaten/Kota agar meningkatkan kegiatan jemput bola dalam perekaman KTP-el, ke sekolah-sekolah SLTA, desa dan kelurahan. 

Untuk penduduk yang saat ini berada diluar tempat domisilinya, seperti sedang mengikuti pendidikan di derah lain, sampaikan informasi kepada yang bersangkutan melalui keluarganya untuk dapat melakukan perekaman KTP-el ditempat yang bersangkutan berada saat ini. Caranya datang ke Disdukcapil setempat untuk melakukan perekaman luar domisili.

"Kami minta kepada Disdukcapil Kabupaten/Kota dimanapun, agar memberikan pelayanan perekaman bagi seluruh penduduk yang memohon pelayanan, termasuk yang domisilinya diluar wilayah kerja Disdukcapil Kab/Kota dimaksud. 

Tavip mencontohkan bahwa jika ada penduduk Kabupaten Bengkalis yang saat ini sedang berada di Pekanbaru maka dapat melakukan perekaman KTP-el di Disdukcapil Kota Pekanbaru tanpa harus pulang ke Bengkalis," ujar Tavip.

Hadir mendampingi Pjs. Bupati Bengkalis Sekda dr. Ersan Saputra, Asisten Pemerintahan dan Kesra Andris Wasono, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik ED Effendi, Kadishub Adi Pranoto dan Kadis Kominfotik Suwarto.

Prarezeki Indra Muda, ST
     

[Ikuti Terus Diskominfotik Bengkalis Melalui Sosial Media]







Diskominfotik Bengkalis
di Google+



Diskominfotik Bengkalis
di Instagram
TULIS KOMENTAR +
Baca Juga +