MENU TUTUP
Kamis, 05 September 2024 | 10:54:39 WIB - Dibaca: 712 kali

Ismail: Berkat Kerjasama Solid Tangani Stunting, Desa Mentayan Meraih Prestasi Tingkat Nasional

BENGKALIS – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ismail, Kamis 5 September 2024, mengatakan keberhasilan Desa Mentayan mengukir prestasi gemilang di tingkat nasional dalam penanganan penurunan stunting, sehingga mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis dalam, tak lepas dari kerjasama solid.

“Prestasi Desa Mentayan diraih tak lepas dari dukungan kerjasama solid dari semua stakeholder terkait. Hal ini patut kita apresiasi. dan hendaknya menjadi percontohan dari seluruh aparatur desa se-Kabupaten Bengkalis, dalam melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan,” ungkap Ismail.

Lebih lanjut Ismail mengatakan, adanya kepemimpinan kepala desa yang baik mendapat dukungan penuh dari perangangkatnya, seperti Badan Permusyawaratan Daerah (BPD), bidan desa, para Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Kader Poyandu, serta Penyuluh agama, yang disambut seluruh lapisan masyarakat. 

Disamping itu, Ismail mengungkapkan peran para Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) yang selalu bekerja keras memberikan pendampingan dalam penggunaan dana desa. 

“Ini modal utama, sehingga Desa Mentayan dinobatkan pada posisi kedua sebagai desa berkinerja baik dalam konvergensi penurunan stunting tahun 2024,” kata Ismail.

“Tak hanya itu, para Pendamping Desa Kabupaten Bengkalis, dukungan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Desa, maupun TPPS Kecamatan dan Kabupaten yang secara intensif mengawal dan melakukan pendampingan dalam kerja desa menangani stunting,” ujar Ismail.

Ditambahkan Ismail, penanganan stunting secara konvergensi telah nyata mampu menurunkan angka prevalensi stunting  di Desa Mentayan menjadi zero stunting di tahun 2024. 

Seperti diketahui pada tahun 2023 lalu terdapat dua orang anak terindikasi stunting, berkat kerja sama yang solid dari seluruh pemangku kepentingan maka hingga bulan Juli 2024 tidak ada lagi anak yang terindikasi stunting. 

Desa Mentayan menangani stunting dengan memanfaatkan data yang terkait secara baik, seperti data keluarga beresiko stunting dan data status gizi anak dari Puskesmas setempat. #DISKOMINFOTIK 

Adisutrisno, SE
     

[Ikuti Terus Diskominfotik Bengkalis Melalui Sosial Media]







Diskominfotik Bengkalis
di Google+



Diskominfotik Bengkalis
di Instagram
TULIS KOMENTAR +
Baca Juga +