Senin, 05 Februari 2024 | 13:07:59 WIB | Dibaca : 1630 Kali

Wabup Bengkalis Pastikan Stok Beras Aman

Editor : Prarezeki Indra Muda, ST - Reporter : Babam Suryaman, S.Pd.I - Fotografer : Babam Suryaman, S.Pd.I
Wabup Bengkalis Pastikan Stok Beras Aman Teks foto: Wakil Bupati Bengkalis, Dr H Bagus Santoso melihat secara langsung stok beras di Gudang Bulog. Pengecekan didampingi sejumlah kepala perangkat dinas terkait.

BENGKALIS - Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis, Dr H Bagus Santoso memastikan stok beras aman jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H.

Kepastian itu disampaikan Wabup Bengkalis, usai mengecek langsung stok beras di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog), Jalan Kelapapati Tengah, Senin 5 Februari 2024.

Di hadapan sejumlah awak media, orang nomor dua di Negeri Junjungan ini menyampaikan pengecekan dilakukan dalam rangka memantau stabilitas indeks perkembangan harga, khususnya beras.

"Kita baru saja rapat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kementerian Dalam Negeri via daring. Rapat ini rutin kami lakukan guna memantau stabilitas indeks perkembangan harga dan menekan inflasi. Alhamdulillah di Bengkalis stabil" ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Wabup, menjelang Pemilu dan bulan puasa ada beberapa strategi yang dipersiapkan jajaran Pemkab Bengkalis. Pertama melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) akan digelar pasar murah Ramadhan.

"Diperindag akan mendistribusikan paket murah berupa beras sebanyak 500 ton, gula dan minyak masing-masing 100 ton. Anggarannya sekitar Rp10 miliar" paparnya.

Kemudian, melalui bantuan pusat program Gerakan Pangan Murah yang dikelola Dinas Ketahanan Pangan. Dalam waktu dekat akan menyalurkan beras kepada 26.350 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sasaran prioritas adalah keluarga miskin ekstrim.

Lalu, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) otonom. Bantuan ini akan diterima oleh 26.350 KPM, dimana distribusinya dibagi dalam tiga tahap. Setiap tahap, KPM menerima bantuan sebesar Rp.600 ribu.

Sementara itu, Kasi Supply Chain Persediaan dan Pengadaan (SCPP) Bulog Bengkalis, Imron mengamini kalau pasokan beras jelang Pemilu dan Ramadhan terkendali.

Dijelaskannya, Bulog saat ini ditugasi pemerintah selama enam bulan ke depan membantu melayani bantuan pangan dan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Sedangkan dari PT Pos Indonesia, Syarbaini menambahkan sebagai institusi yang dipercaya untuk mendistribusikan bantuan beras SPHP selambat-lambatnya dua hari bantuan itu akan diserahkan di Desa Senderak.

Terakhir, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ed Effendi berharap bantuan yang akan diserahkan selain tepat waktu juga hendaknya tepat sasaran.

"Karena kami yakin, bantuan ini akan bermanfaat bagi masyarakat", pungkasnya.

Kunjungan ke gudang Bulog ini juga dihadiri sejumlah kepala Perangkat Daerah terkait, seperti Kepala Disperindag Zulpan, Kepala Dinas Sosial Paulina, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Susy Hartati dan Kepala Bagian Perekonomian, Khairi Fahrizal. #DISKOMINFOTIK