Bupati Amril, Bekerja Dengan Filosofi Pohon

Hari ini, Senin, 19 Februari 2018.

Hari ini, bersama seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, sejumlah anggota TNI dan Polri, kami juga mengikuti apel kesadaran nasional di halaman kantor Bupati Bengkalis.

Apel pagi tadi merupakan apel perdana yang kami ikuti pasca H Bustami HY dilantik Bupati Amril Mukminin sebagai Sekretaris Daerah Bengkalis di Balai Kerapatan Sri Mahkota, Rabu, 14 Februari 2018 lalu.

Pada apel tersebut, Sekretaris Daerah Bengkalis menjadi Pembina apel. Itu juga apel perdana beliau sejak resmi menjadi satu-satunya pejabat eselon IIa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Bengkalis, Bupati Amril mengajak seluruh pegawai di lingkungan kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini untuk bekerja seperti pohon.

“Jika ingin sukses bekerja, ikutilah filosofi pohon. Jika Anda berada dalam struktur organisasi, diibaratkan sebatang pohon, kerjakanlah tugas pada posisi Anda sebaik mungkin, tak perlu merasa tak dihargai karena tak ditampilkan,” pesannya.

Kemudian, imbuhnya, jika posisi Anda sebagai batang, maka jadilah batang yang kuat untuk menopang pohon. Jika di posisi cabang, jadilah cabang yang bisa mengandeng seluruh ranting dan daun. Jika Anda menjadi daun, maka jadilah daun yang meneduhkan orang yang kepanasan.

Selanjutnya, jika Anda sebagai buah, maka jadilah buah yang manis, supaya nama baik pohonnya terjaga. Jika posisi Anda sebagai bunga, maka jadilah bunga yang merekah indah, supaya pohonnya terhiasi dan dikenal banyak orang.

dan, jika posisi Anda sebagai akar yang tak terlihat, maka jadilah akar yang kuat mencengkram ke tanah demi tegaknya seluruh struktur pohon tersebut. Semua anggota organisasi menanamkan rasa tanggung jawab sesuai dengan posisinya masing-masing, tak saling iri terhadap satu posisi.

“Sebagai akar walaupun tak terlihat, tertimbun di tanah dan tak dikenal banyak orang, namun dirinya tak pernah iri dengan bunga yang indah yang berada di atas dan dikenal banyak orang, karena ia tau bunga sangat beresiko untuk dipetik orang,” pesannya.

Sebelum itu, kepada seluruh ASN, Bupati Amril berharap momen apel hari kesadaran nasional tadi padi dijadikan momen untuk meningkatkan disiplin kerja. Termasuk disiplin tertib administrasi, disiplin penggunaan waktu kerja, disiplin keuangan. Dan tak kalah pentingnya adalah disiplin dalam mentaati dan mempedomani peraturan.

Katanya, kita butuh 'team work' yang solid, ASN yang kompak serta memiliki kemauan dan keinginan yang kuat dalam bekerja mulai dari merencanakan dan melaksanakan setiap program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

“Seperti pernah kami sampaikan dalam kesempatan berbeda, bahwa bersama-sama adalah sebuah awal, menjaga kebersamaan adalah sebuah perkembangan, dan bekerja bersama adalah sebuah kesuksesan. Untuk itu sekali lagi kami harapkan kepada seluruh ASN Pemerintah Kabupaten Bengkalis bekerjalah sebaik-baiknya sesuai Tupoksi dan kewenangan, bekerja secara ikhlas, bekerja sepenuh hati, setulus hati, jangan sesuka hati dan yang paling penting harus hati-hati,” harapnya. ****

 


Tim Redaksi

Opini Lainnya

Tulis Komentar