Siapa Bilang Gadis Melayu Tak Menawan?

“Siapa bilang gadis melayu tak menawan, tak menarik hati?”. Tahu dengan penggalan kalimat tersebut?. Itu merupakan penggalan bait lagu.

Lagu berdurasi 4 menit itu dipopolerkan Datuk Jamal Abdillah, penyanyi lagenda asal Malaysia. Sebagai daerah yang serumpun Melayu dan bertetangga, jelas gadis Melayu yang dimaksud juga termasuk gadis Melayu asal Bengkalis.

Penggalan kalimat dengan gaya menantang itu menuntut adanya penjelasan. Siapa yang bilang gadis Melayu itu tak menawan?, tak perlu dijelaskan siapa orangnya. Yang jelas gadis Melayu sangat menawan.

(Mohon maaf, bukan bermaksud mengesampingkan gadis lain. Tentu gadis etnis lain juga cantik-cantik. Tapi kali ini, saya hanya akan membahas tentang gadis Melayu).

Dikatakan menawan karena gadis-gadis Melayu punya keramahan, bahasa dan sikap yang santun serta kegigihan yang tinggi. Tak ayal inilah yang sering mengganggu pikiran laki-laki ketika melihat gadis melayu.

Tercatat tahun 2016 Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkalis merangkum jumlah penduduk Kabupaten Bengkalis sebanyak 551.683 jiwa. Dan jumlah penduduk laki-laki 283.225 lebih tinggi dibanding penduduk perempuan yang hanya 268.458 jiwa. Perbandingan ini tidak begitu menjadi persoalan, namun dari jumlah tersebut tidak tahu pasti jumlah gadis di Kabupaten Bengkalis.

Dari sekian banyak jumlahnya, ada satu gadis yang menjadi contoh dari menariknya gadis Melayu.

Iyalah Rita Nurmaliza, seorang anak perempuan dari pasangan Alizar dan Nurseha yang juga lahir di tanah Melayu tinggal di Jalan Panglima Minal Desa Air Putih Bengkalis.

Rita adalah salah satu contoh dari betapa menawan dan menariknya gadis Melayu. Karir gadis melayu ini bermula pada saat usianya menginjak 17 tahun dengan dinobatkannya ia menjadi Duta Wisata Rupat tahun 2014.

Semenjak itu, Rita kerap dilibatkan dalam beberapa kegiatan hingga ke luar kota yang membuat namanya kian dikenal oleh banyak orang. Dan baru-baru ini Rita kembali menjadi sorotan banyak orang karena terpilih menjadi Miss Earth-Fire Indonesia 2017.

Kembali ke gadis Melayu, yang membuat menawan dan menarik dari gadis Melayu adalah selalu mengutamakan orang lain serta tidak melupakan asal muasalnya.  

Selalu berpegang pada adat istiadat dimanapun ia berada. Itulah yang diungkap Rita saat ditanya mengenai gadis Melayu. Bukan karena yang mengutarakannya adalah sorang gadis melayu, namun karena melihat langsung dari hampir disetiap jiwa gadis Melayu itu.

Sedang menyibukkan diri untuk persiapan mengikuti Miss Asia Pacific Internasional 2017 di Filipina November mendatang, Rita yang dihubungi melalui Whatsapp mengatakan persiapannya sudah 60 persen dan akan terus dimaksimalkannya. Mudah-mudahan gadis Melayu ini bisa kembali mempromosikan budaya Melayu hingga ke Internasional. Semoga……….


Tim Redaksi

Opini Lainnya

Tulis Komentar