INGIN SUKSES HARUS TAHAN DIUJI

SEBAGAI Kadis Kominfotik, bersama 33 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) lainnya di Pemkab Bengkalis, Kamis, 17 Oktober 2019, kami juga mengikuti evaluasi kinerja.

Hukumnya harus. Ada nota kesepahaman yang ditandatangani untuk itu, Senin, 22 April 2019.

Kami mendapat urutan pertama di hari kedua. Pukul 08.00-08.30 WIB. Karena itu kami tak ikut kegiatan senam pagi. Takut kasip.

Adapun ketua tim dalam evaluasi kinerja yang dilaksanakan di ruang pertemuan Kakap di lantai II Pantai Marina Hotel Bengkalis itu adalah Prof Dr Sujianto, M.Si. 

Anak jati diri Negeri Seribu Parit (Kabupaten Indragiri Hilir) kelahiran Tembilahan, 26 September 1962 itu, merupakan Wakil Rektor II Universitas Riau. Jabatan tersebut diembannya sejak, Jum’at, 18 Januari 2019.

Sedangkan total tim evaluasi tersebut gasal alias ganjil, 5 orang.

Bagaimana perasaan saat ini uji tadi?

Jujur, kami sedikit gugup walau tak sampai gagap. Apalagi hingga tergagap-gagap.

Maklum, yang menguji Guru Besar. Sedangkan kami hanya pemilik Akta IV. Hanya calon guru. Sesuai nama tempat evaluasi, antara kami dan tim evaluasi, laksana Kakap dengan Teri.

Evaluasi merupakan saduran dari bahasa Inggris "evaluation" yang diartikan sebagai penaksiran atau penilaian.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam jaringan, selain penilaian, evaluasi bermakna pengumpulan dan pengamatan dari berbagai macam bukti untuk mengukur dampak dan efektivitas dari suatu objek, program, atau proses berkaitan dengan spesifikasi dan persyaratan pengguna yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dalam agama yang kami yakini, ujian adalah sesuatu yang tak bisa dihindari. Sesuatu yang mutlak.

Jadi jangan dihindari atau menghindar. Tak bakal bisa, karena esensi hidup kita ini semuanya memang ujian dan cobaan dari Sang Khaliq.

Namun dan sebagaimana semua umat Islam ketahui, Allah SWT., menguji hamba-Nya sesuai dengan kemampuan. Tak akan pernah melebihi itu. Yang Di Atas tahu betul takaran atau sukatan kita.

Allah SWT., tak pernah akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dan ini merupakan janji-Nya.

Jadi sesungguhnya tak mungkin Allah SWT., akan membebani kita dengan ujian yang kita tak sanggup memikulnya.

Kemudian, Dia akan memberikan pahala kebaikan jika seseorang yang sedang diuji tersebut bersabar dan melakukan kebaikan dan mencari jalan keluar dengan cara yang diridhai Allah SWT.

Sebaliknya, Allah SWT., akan memberikan dosa jika ia tak bersabar dan mencari jalan keluar dengan cara yang tak diridhai-Nya.

Alhamdulillah, terlepas dari apa pun hasilnya, dari kelima tim evaluasi itu, dalam waktu kurang lebih 28 menit kebersamaan kami dengan mereka, kami mendapat banyak sekali masukan. Tentu, masukan itu kami catat.

Masukan itu pula yang akan kami bahas dalam waktu dekat bersama sejawat di Diskominfotik.

“Tolong agendakan rapat bersama seluruh Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas. Kalau bisa Jum’at, besok! Suwun!”, itulah pesan dan harapan kami kepada Sekretaris Diskominfotik H Adi Sutrisno.

Pesan itu kami sampaikan padanya pukul 09.40 WIB tadi. Melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA).

Firman Allah SWT., dalam surah al-Insyirah ayat 5, “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

Mengikuti evaluasi tadi itu memang sulit. Terutama menjawab pertanyaan kelimanya yang munculnya di luar estimasi kami.

Tapi sesuai janji-Nya dalam surah al-Insyirah ayat 5 tersebut, Prof Dr Sujianto, M.Si dan 4 anggota tim yang lain, memberikan kiat-kiat bagaimana agar ke depan Diskominfotik Kabupaten Bengkalis kian terdepan.

Meminjam istilah Prof Dr Sujianto, M.Si, supaya ke depan, sesuai tugas dan fungsinya, sebagai Perangkat Daerah, Diskominfotik benar-benar menjadi beranda terdepan kabupaten berjuluk Negeri Junjungan.

Yakni, sebagai halaman utama bagi siapapun yang memerlukan informasi publik tentang daerah ini. Khususnya yang terkait dengan Pemkab Bengkalis.

Kiat-kiat tersebut yang akan dibahas dalam rapat yang kami minta pada Mas Adi, begitu kami akrab menyapanya, untuk diagendakan dalam kesempatan pertama melalui WA pukul 09.40 WIB tadi.

Ingin sukses harus tahan diuji. Demikian sari pati yang kami peroleh dalam evaluasi kinerja yang berlangsung kurang 2 menit dari waktu 30 menit yang disediakan untuk setiap PPTP.

Terima kasih kepada Prof Dr Sujianto, M.Si dan seluruh anggota tim evaluasi atas berbagai kritisi membangun yang diberikan untuk Diskominfotik Kabupaten Bengkalis.

Semoga semua itu dicatat dan bernilai ibadah di sisi-Nya. Aamiin ya rabbal alamin! #####


Opini Lainnya

PERIGI BENING TAK MENCARI TIMBA

JAGA KOMITMEN DI ISTIQOMAH

Tulis Komentar