Ahad, 09 Juni 2024 | 13:30:05 WIB | Dibaca : 648 Kali

Bupati Siak dan Wakilnya Terima Gelar Adat, Kasmarni Sampaikan Ucapan Selamat

Editor : Darmawanto, S.Ag - Reporter : Ayu Erlina - Fotografer : Ayu Erlina
Bupati Siak dan Wakilnya Terima Gelar Adat, Kasmarni Sampaikan Ucapan Selamat Teks foto:

KABUPATEN SIAK - Bupati Siak Alfedri menyandang gelar Datuk Seri Setia Amanah  dan Wakil Bupati Husni Merza mendapat gelar Datuk Timbalan Setia Amanah dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Siak di gedung LAMR Kabupaten Siak Ahad pagi, 9 Juni 2024.

Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Wabup Bagus Santoso hadir pada prosesi pemberian gelar adat tersebut.

Sebelumnya, Wabup Bagus Santoso yang hadir bersamaan dengan Wakil Bupati Siak dijamu sarapan pagi dikediaman Bupati Siak bersama Forkopimda Siak, Pemimpin Lembaga Kesultanan Siak, Kesultanan Pelalawan, Pj Bupati Batu Bara Nizhamul, Ketua Umum MKA LAM Kabupaten Siak Datuk Seri Wan Said, Ketua Umum DPH LAM Kabupaten Siak Datuk Seri Arfan Usman dan tamu undangan lainnya.

Selanjutnya rombongan menuju ke gedung LAMR Kabupaten Siak menggunakan kendaraan wisata Kabupaten Siak.

Prosesi penabalan gelar adat diawali dengan pembacaan warkah pemberian gelar adat, pemasangan tanjak, selempang dan pemasangan keris oleh Ketua Umum MKA LAM Kabupaten Siak Datuk Seri Wan Said dan Ketua Umum DPH LAM Kabupaten Siak Datuk Seri Arfan Usman.

Penabalanpun selesai, prosesi selanjutnya tepuk tepung tawar, sebagai simbol memberikan doa dan selamat kepada Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Kabupaten Siak dan Datuk Timbalan Seri Setia Amanah disinggasana keagungan.

Usai pemberian gelar adat, Bupati Kasmarni melalui Wakil Bupati Bagus Santoso secara langsung memberikan ucapan selamat.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bengkalis mengucapkan selamat dan tahniah kepada Bupati Siak Alfedri dan Wakil Bupati Husni Merza. Gelar adat ini simbol doa dari datuk dan datin, masyarakat Kabupaten Siak begitu juga dari kami untuk pemimpin dengan keteladananan budaya melayu di Kabupaten Siak,"ujar Bagus Santoso.

Lebih lanjut Wabup Bagus Santoso menyebutkan, Bupati dan Wakil Bupati Siak pantas menerima penghargaan dan penghormatan dari LAMR Kabupaten Siak karena telah menunjukkan baktinya terhadap negeri dan masyarakat melayu di Kabupaten Siak.

“Semoga gelar adat ini menambahkan semangat dalam menjalankan tugas dan amanah Datuk Seri Setia Amanah Alfedri dan Datuk Timbalan Setia Amanah Husni Merza. Serta memberikan kedamaian dan kerukunan bagi Kabupaten Siak," lanjutnya. #DISKOMINFOTIK