Selasa, 27 Februari 2024 | 11:47:42 WIB | Dibaca : 750 Kali

Forum Lintas Perangkat Daerah, Upaya Paduserasikan Program Strategis Pemkab Bengkalis

Editor : Prarezeki Indra Muda, ST - Reporter : Babam Suryaman, S.Pd.I - Fotografer : Babam Suryaman, S.Pd.I
Forum Lintas Perangkat Daerah, Upaya Paduserasikan Program Strategis Pemkab Bengkalis Teks foto: Kepala Bappeda Rinto saat memimpin kegiatan Forum Lintas Perangkat Daerah, Selasa 27 Februari 2024

BENGKALIS - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis menggelar Forum Lintas Perangkat Daerah. Kegiatan ini bertujuan mempaduserasikan sejumlah program strategis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.

Menurut Kepala Bappeda Rinto, Selasa 27 Februari 2024, forum tersebut menjadi tempat strategis bagi Perangkat Daerah untuk menyelaraskan berbagai program kerja yang telah disusun oleh pemerintah.

Sehingga nantinya akan tercipta sinkronisasi program antar pemangku kepentingan, tersusunnya program secara terintegrasi dan komprehensif serta mampu menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Dalam mempaduserasikan kegiatan dimaksud, Rinto juga berpesan agar memperhatikan skala prioritas dengan tetap memperhatikan kondisi keuangan daerah.

Secara spesifik, forum yang berlangsung secara diskusi ini mengangkat permasalahan konektivitas, lingkungan hidup dan kebencanaan.

Ada beberapa topik yang dikemukakan dan direspon langsung oleh Perangkat Daerah terkait. Seperti optimalisasi pelayanan Ro-Ro dan infrastrukturnya, rencana pembangunan jembatan Pulau Sumatera-Pulau Bengkalis, peningkatan jalan poros, penambahan status jalan, penataan kawasan kumuh dan perkotaan, serta upaya meraih kembali penghargaan adipura.

Lalu, penanganan abrasi, pengembangan kawasan konservasi dan ruang terbuka hijau, ketersediaan cadangan air bersih, pencegahan banjir, penanganan kebakaran, pembangunan command center, keberlanjutan pembangunan Duri Islamic Center, pengurangan blank spot, penuntasan kekurangan daya listrik, serta aspek penting lainnya.

Terkait optimalisasi Ro-Ro, Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis menyampaikan bahwa pada 2025 akan dibangun dermaga baru dikedua sisi, baik di Sei Selari maupun di Air Putih. Pelaksanaan e-tiketing juga akan dioptimalisasi lagi.

Lalu, progres pembangunan jembatan penghubung Pulau Sumatera dan Pulau Bengkalis saat ini sudah memasuki proses DED atau produk perencanaan di Pemerintah Provinsi Riau.

Sementara itu Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik menyampaikan pihaknya berupaya jemput bola agar mendapatkan lebih banyak bantuan pembangunan infrastruktur blank spot dari Pemerintah Pusat. Begitu juga rencana pembangunan command center dalam proses pembahasan lebih lanjut.

Serta berbagai program strategis lainnya disampaikan oleh Perangkat Daerah terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran, dan Badan Penelitian dan Pembangunan.

Selain Rinto, forum yang dilaksanakan di Kantor Bappeda ini juga dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri dan Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan H Bustami HY.

Sejumlah Kepala Perangkat Daerah juga hadir, seperti Kepala BPBD Sufandi, Kadis Perkimnah Supardi dan Camat Rupat Hariadi.

Khusus dari Diskominfotik dihadiri Sekretaris H Adi Sutrisno, Kabid SDKI Prarezeki Indra Muda, Kabid PPIP Hurriagustianri, Kabid PBE Zulkifli dan Kabid SP, Azmar. #DISKOMINFOTIK