Ahad, 19 November 2023 | 10:07:49 WIB | Dibaca : 395 Kali

Bupati Kasmarni Dorong Para Dokter Bengkalis, Untuk Terus Tingkat Mutu Pelayanan Kesehatan

Editor : Prarezeki Indra Muda, ST - Reporter : Rahman, S.PdI - Fotografer : Istimewa
Bupati Kasmarni Dorong Para Dokter Bengkalis, Untuk Terus Tingkat Mutu Pelayanan Kesehatan Teks foto: Asisten II Bengkalis H. Toharuddin

MANDAU - Bupati Bengkalis Kasmarni mendorong para dokter yang tergabung di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bengkalis supaya terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Hal itu disampaikan saat menghadiri pelantikan Ikatan Dokter Indonesia, yang diwakili Asisten II Bengkalis H. Toharuddin Ahad 19 November 2023, Grand Zuri Hotel.

Selain itu Bupati perempuan pertama di Negeri Junjungan ini dalam sambutan tertulisnya mengajak seluruh para IDI untuk terus solid dan kompak dalam membantu mewujudkan masyarakat Kabupaten Bengkalis yang sehat dan sejahtera.

Selanjutnya mantan Camat Pinggir itu juga mengucapkan selamat dan tahniah kepada ketua beserta jajaran pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bengkalis periode 2022-2025 yang baru saja dikukuhkan. Dan luput juga ucapan terima kasih diucapkan kepada kepengurusan dan anggota IDI sebelumnya atas kontribusi terhadap daerah ini.

"Kami berharap semoga dengan pergantian kepengurusan IDI yang baru dapat menjalankan amanah ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Terus jaga kekompakan, integritas dan transparansi. Dan yang tak kalah pentingnya, kuatkan koordinasi, sinergi serta komunikasi dalam menjalankan organisasi ini,"pintanya.

Lebih lanjut lagi Bupati sampaikan bahwa pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu prioritas saat ini dalam mewujudkan visi Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

"Hal itu sebagaimana tertuang dalam misi pertama kami yakni mewujudkan pengelolaan potensi keuangan daerah, sumber daya alam dan sumber daya manusia yang efektif dalam memajukan perekonomian, dengan sasaran terwujudnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, melalui strategi peningkatan jumlah, kapasitas dan kualitas tenaga kesehatan, peningkatan akses kesehatan bagi masyarakat dan optimalisasi pelayanan kesehatan dalam menangani stunting dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat,"jelasnya.

Bahkan akses jaminan sosial dan kesehatan total bagi masyarakat, melalui kegiatan pemberian jaminan kesehatan total (100%) bagi masyarakat, juga merupakan salah satu dari delapan program unggulan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Kami menyadari, bahwa kesehatan termasuk bagian dari indikator dalam menentukan indeks pembangunan manusia atau IPM di negeri ini,"ujarnya.

Oleh karenanya, guna mewujudkan visi, misi serta delapan program unggulan tersebut, tentunya butuh dukungan dari para dokter yang tergabung dalam organisasi IDI ini.

Selaku kepala daerah Bupati tekankan kepada para dokter khususnya, agar benar-benar melaksanakan tugas secara profesional serta tetap mematuhi sumpah janji dan etika profesi.

"Dan selaku pemerintah, kami juga akan terus mendorong agar bapak/ibu para dokter, untuk terus meningkatkan mutu pelayanan sehingga dokter dapat melakukan kewajibannya sesuai standar profesi, standar pelayanan kedokteran dan standar operasional prosedur,"tambah Kasmarni.

Kemudian Bupati Kasmarni juga mengajak IDI Cabang Bengkalis menyukseskan program prioritas nasional yang juga menjadi prioritas daerah, yakni, program penurunan prevalensi stunting, termasuk meningkatkan kesehatan reproduksi ibu, anak, dan remaja, perbaikan gizi masyarakat, peningkatan pencegahan pengendalian penyakit, dan membudayakan germas, karena semua program terebut memiliki tujuan yang sama yakni agar terbangunnya masyarakat serta keluarga yang sehat dan sejahtera.

"Mari bersama kita dukung, kita support dan kita intervensi, sesuai dengan tugas dan fungsi kita. Dan kami berharap kepada para dokter juga, agar dapat memberikan pengaruh besar terhadap pembangunan nasional dan daerah, khususnya di bidang kesehatan, agar daerah kita terus maju dan masyarakat dapat hidup sehat serta sejahtera,"pungkasnya.

Tampak hadir Ketua IDI Wilayah Riau Marham Effendi, para Pejabat Tinggi Pratama Pejabat Administrator dan Pengawas serta Fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, para camat dan tamu undangan terhormat lainnya.#DISKOMINFOTIK.