Sabtu, 18 November 2023 | 23:24:02 WIB | Dibaca : 5136 Kali

Ukir Sejarah di Masa Bupati Kasmarni, Kafilah Bengkalis Raih Juara Umum MTQ ke-41 Riau

Editor : Prarezeki Indra Muda, ST - Reporter : Zuriat Abdillah, S.Pd.I - Fotografer : Muhammad Rofi Saputra, S.T
Ukir Sejarah di Masa Bupati Kasmarni, Kafilah Bengkalis Raih Juara Umum MTQ ke-41 Riau Teks foto: Penyerahan piala bergilir juara umum MTQ ke-41 tingkat Provinsi Riau

RENGAT - Kafilah Kabupaten Bengkalis, berhasil menyandang gelar Juara Umum pada perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-41 tingkat Provinsi Riau, di Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2023.

Perolehan prestasi ini, diumumkan secara langsung pada Penutupan MTQ tingkat Provinsi Riau, di Astaka Utama tepian Danau Raja, Kecamatan Rengat, yang secara resmi ditutup langsung Plt Gubernur Riau, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau, Masrul Kasmi, Sabtu, 18 November 2023.

Menjadi suatu prestasi yang bersejarah bagi Kabupaten Bengkalis. Pasalnya di masa kepemimpinan Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati H Bagus Santoso, capaian keberhasilan para peserta berada di garis maksimal, yang mampu 'menaklukkan' 11 kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Berdasarkan informasi yang dirangkum, selama perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau yang telah diselenggarakan sebanyak 40 kali, Kabupaten Bengkalis belum mampu meraih gelar juara umum.

Namun, pada MTQ ke-41 Riau ini akhirnya Kabupaten Bengkalis berhasil mengukir sejarah menjadi peraih Juara Umum, yang di pusat di Kota Rengat dengan gelar kota bersejarah tersebut.

Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Wakil Bupati H Bagus Santoso, yang hadir pada penutupan MTQ tingkat Provinsi Riau ini mengucapkan selamat dan tahniah atas prestasi yang diraih dalam perhelatan tersebut.

"Prestasi ini tentu tak terlepas dari usaha maksimal seluruh peserta Kabupaten Bengkalis, pelatih dan official. Terima kasih kami ucapkan kepada semuanya yang telah mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis pada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2023 ini. Kami sekali lagi mengucapkan tahniah," ujar Wabup Bagus Santoso.

Kafilah Kabupaten Bengkalis berhasil meraih gelar Juara Umum karena telah mengumpulkan 82 poin yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan Hakim, H Sofwan Muhajir dari hasil perolehan juara 1, 2 dan 3 para qori-qori'ah, hafidz-hafidzah, khatat-khatatah, serta sejumlah cabang perlombaan lainnya.

Sementara di posisi kedua, diraih Pekanbaru 63 poin, ketiga Rohil 53, keempat Inhil 42, kelima Dumai 39, keenam Kampar 37, ketujuh Pelelawan 36, kedelapan Rohul 23, Kepulauan Meranti 21, Inhu 20, Siak 20 dan Kuantan Singingi 17 poin.

Piala juara umum diserahkan langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau, Masrul Kasmi kepada Wakil Bupati H Bagus Santoso, didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Bengkalis Andris Wasono, Plt Kabag Kesra Herman Nur dan Kakan Kemenag Bengkalis, H Khaidir.