Sabtu, 18 November 2023 | 23:15:17 WIB | Dibaca : 7541 Kali

Daus, 'Budak' Muntai Kabupaten Bengkalis Jadi Qori Terbaik di MTQ ke-41 Riau

Editor : Prarezeki Indra Muda, ST - Reporter : Zuriat Abdillah, S.Pd.I - Fotografer : Muhammad Rofi Saputra, S.T
Daus, 'Budak' Muntai Kabupaten Bengkalis Jadi Qori Terbaik di MTQ ke-41 Riau Teks foto: Qori terbaik Riau tahun 2023, Muhammad Firdaus

RENGAT - Muhammad Firdaus, atau akrab disapa Daus, adalah peserta Kafilah Kabupaten Bengkalis yang meraih gelar Qori Terbaik pada Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-41 tingkat Provinsi Riau, di Kabupaten Indragiri Hulu, tahun 2023. 

Daus, merupakan anak kedua dari pasangan Rahmat dan Romlah. Sang kakak bernama Fauziah, sedangkan adiknya Siti Nur Faiza. 

Capaian prestasinya menjadi Qori Terbaik dari seluruh peserta 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau ini, adalah bukan hal yang mudah untuk di peroleh. 

Ia adalah anak watan Kabupaten Bengkalis yang lahir di Desa Muntai, Kecamatan Bantan, 10 April 1996, dan berdomisili di desa tersebut. 

Firdaus merupakan alumni SDN 43 Muntai, dan kemudian melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bantan Tua, untuk jenjang pendidikan MTs dan MA. Lalu berlanjut ke Studi S1 dan S2 Jurusan Hukum Keluarga Islam di UIN Suska Riau. 

'Budak' (anak) Muntai ini dinobatkan sebagai Qori Terbaik Riau pada tahun 2023 ini. Sebagai Qori Terbaik, beliau di minta untuk melantunkan bacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, pada penutupan MTQ ke-41 tingkat Provinsi Riau, di Astaka Utama, tepian Danau Raja, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, Sabtu malam, 18 November 2023. 

"Alhamdulillah. Kami mengucapkan terima kasih kepada kedua orang tua kami, guru-guru kami para pelatih yang telah membimbing dan mendoakan kami sehingga berhasil mendapatkan prestasi ini," ujar Muhammad Firdaus usai melantunkan kalam-kalam ilahi di hadapan ribuan pasang mata masyarakat dan tamu undangan yang hadir pada malam penutupan. 

Ia juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, khususnya dimasa kepemimpinan Bupati Bengkalis Kasmarni dan Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, yang menurutnya telah memberikan perhatian terhadap perkembangan pendidikan khususnya di bidang keagamaan, salah satunya dalam pembinaan qori-qori'ah. 

"Prestasi ini tentunya kami persembahkan untuk kedua orang tua kami, guru-guru kami, masyarakat Kabupaten Bengkalis, serta khususnya Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang telah sangat memberikan perhatian. Semoga prestasi ini dapat kami jadikan motivasi agar bisa kami pertahankan," pungkasnya. 

Sementara itu, Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Wakil Bupati H Bagus Santoso, ketika hadir pada penutupan MTQ ke-41 tingkat Provinsi Riau, mengucapkan tahniah dan terima kasih kepada Muhammad Firdaus yang telah mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis. 

"Tahniah kami ucapkan, semoga prestasi ini juga mampu memacu semangat generasi muda, khususnya Kabupaten Bengkalis untuk mencintai, mempelajari dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur'an," singkatnya.