Sabtu, 29 Juli 2023 | 12:47:48 WIB | Dibaca : 2853 Kali

Meriahnya Karnaval Budaya Pesona Negeri Junjungan, Tampilkan Adat dan Budaya Bengkalis

Editor : Prarezeki Indra Muda, ST - Reporter : Babam Suryaman, S.Pd.I - Fotografer : Babam Suryaman, S.Pd.I
Meriahnya Karnaval Budaya Pesona Negeri Junjungan, Tampilkan Adat dan Budaya Bengkalis Teks foto: Bupati Kasmarni didampingi Wakil Bupati DR H Bagus Santoso dan Forkopimda melambaikan tangan menyapa peserta Pawai Karnaval Budaya

BENGKALIS - Karnaval Budaya Pesona Negeri Junjungan sempena Hari Jadi ke-511 Bengkalis berlangsung meriah.

Ribuan pasang mata masyarakat disuguhkan dengan berbagai penampilan dan atraksi, yang sarat adat dan budaya Negeri Junjungan.

Tidak hanya etnis dan suku yang ada di Bengkalis saja. Karnaval kali ini turut dimeriahkan penampilan-penampilan memukau dari para siswa dan guru.

Seperti penampilan busana adat, budaya dan kesenian. Satu persatu paguyuban seperti Melayu, Akit, Bugis, Aceh, Minang, Banjar, Tionghoa, Jawa dan Batak melintas di panggung kehormatan.

Sorak sorai penonton dan lambaian tangan tamu undangan menambah semarak acara yang dilepas Bupati Kasmarni ini.

Usai penampilan etnis dan suku, dilanjutkan dengan konvoi sekolah. Mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA sederajat.

Para pelajar dan guru ini berlomba-lomba menampilkan yang terbaik dihadapan Bupati Kasmarni, Wabup DR H Bagus Santoso dan para petinggi Forkopimda.

Konsep yang ditampilkan juga beragam, ada mengusung tema pernikahan melayu, khitan sunat rasul, mandi safar, permainan tradisional dan berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari masyarakat Bengkalis lainnya.

Bupati saja sampai berdecak kagum ketika ada beberapa peserta yang membawa perlengkapan nelayan, lengkap dengan ikan asli hasil tangkapan.

Selain mengaku terkesan karena acaranya berlangsung meriah. Melalui pidatonya, Bupati Kasmarni juga merasa senang karena bisa berbaur dan berakselerasi bersama ribuan masyarakat dalam rangka mempertahankan seni, budaya, kreasi sekaligus memperkenalkan potensi yang ada di Bengkalis.

"Harapan kami, melalui momentum karnaval ini dapat menjadi ajang untuk kita memperkenalkan keragaman adat tradisi dan khazanah Budaya Bengkalis dengan lebih menonjolkan tipikal karakter budaya lokal yang telah berkembang," harapnya, Sabtu 29 Juli 2023, di Lapangan Tugu Bengkalis.

Tidak itu saja, orang nomor satu di Negeri Junjungan ini juga berharap kegiatan karnaval dapat dijadikan sebagai media menampung kreativitas potensi dan imajinasi masyarakat Bengkalis untuk berinovasi, khususnya dalam pengembangan seni dan budaya.

Turut hadir menyaksikan pawai karnaval budaya, Anggota DPRD Provinsi Riau Hj Komala Sari, Anggota DPRD Provinsi Riau Irwandi, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, Dandim 0303/Bengkalis, Letkol Inf Endik Yunia Hermanto, Ketua Kajari Bengkalis Zainur Arifin Syah.

Kemudian Plt Sekretaris Daerah dr Ersan Saputra, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Rahmatullah Ramadan, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Bayu Soho Rahardjo, Danposal POS Bengkalis Letda Laut (E) Nur Johan, Ketua TP PKK Bengkalis Hj Siti Aisyah, serta Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas lingkup Pemkab Bengkalis. #DISKOMINFOTIK